PhoneGap Tutorial : Cara Install Phonegap Pada Xcode Untuk Platform iOS – Mac

phonegap_lab

Yeeahh, I’m back.. Setelah beberapa hari saya terkapar tak berdaya, gara-gara penyakit yang memang sangat peduli dengan saya. Peduli dengan kesehatan saya yang kadang kala sering saya lupakan. Begadang gak karuan kayak orang gila. Orang-orang tidur, saya masih di depan laptop. Orang-orang bangun dan beraktifitas, giliran saya yang ngorok di atas kasur. Banyak pengalaman dan kisah menarik selama beberapa minggu ini. Dan banyak juga yang memberikan inspirasi serta motivasi baru untuk saya. Mulai dari permasalahan cinta (*halah) sampai permasalahan dunia gaib. Di postingan kali ini saya tidak akan membahas hal-hal tersebut, karena lumayan panjang dan berliku ;).

Malam ini dengan keadaan yang masih lemah dan masih terbaring di tempat tidur, saya ingin berbagi sedikit tips sederhana tentang cara install framework aplikasi mobile PhoneGap pada Xcode di platform IOS. Yaw mungkin di website resmi PhoneGap, sudah ada dokumentasinya. Berhubung saya orangnya agak pelupa, jadi saya tulis saja tutorialnya disini. Jadi kalau lupa, tinggal buka tulisan ini saja :D.

Framework PhoneGap menurut saya cukup tangguh dan keren untuk membangun sebuah aplikasi mobile lintas plarform. Dengan sekali coding, secara kasarnya kita sudah menulis kode aplikasi untuk semua OS mobile. Bisa dibilang ini adalah hybrid framework, kebalikan dari  native framework. Menggabungkan kecanggihan teknologi HTML5 + CSS + JS dengan bahasa pemrograman pada masing-masing native framework. Saya sangat terbantu dengan framework PhoneGap ini untuk membangun aplikasi mobile di dua platform yang lagi naik daun saat ini, IOS dan android. OK deh, kita langsung aja ke step by step-nya :

1. Siapkan alat-alatnya terlebih dahulu, seperti MacBook :D. Kalau mau testing ke device, kita juga harus menyiapkan salah satu iDevice dan Apple Developer ID nya juga.

2. Karena akan membuat aplikasi untuk platform IOS, kita wajib mempunyai aplikasi Xcode. Silahkan di download dulu di https://developer.apple.com/xcode/

3. Download library PhoneGap di http://phonegap.com/download/. Berhubung yang tersedia di laptop saya adalah yang versi 2.7.0, jadi saya pakai yang itu saja dulu.

4. Ekstrak file PhoneGap dan buat sebuah folder baru di Documents direktori rekan-rekan, saya memberi nama “development”. Copy folder hasil ekstrak ke dalam folder “development”.

5. Buka Terminal. Karena kita akan menggunakan platform IOS, silahkan masuk ke direktori phonegap-2.7.0/lib/ios/bin

Screen Shot 2013-06-19 at 1.20.15 AM

6. Kita akan membuat project baru dengan menggunakan auto generator dari PhoneGap. Ketikkan kode seperti gambar di bawah ini :

Screen Shot 2013-06-19 at 1.24.21 AM

7. Nah, project Xcode baru sudah ada di direktori /Users/gedesumawijaya/Documents/development/TesIosPhonegap. Silahkan buka file project Xcode tersebut dan jalankan via IOS simulator dan hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Screen Shot 2013-06-19 at 1.29.00 AM

Gampang kan caranya 😀 ..??? Dari obrolan saya dengan seorang teman, “Kemarin sih ada yang bilang kalau PhoneGap ini masih beta dan kurang layak digunakan”. Haha, saya hanya bisa ketawa dan geleng-geleng, wong saya pakai PhoneGap ini sudah sampai di level produksi kok dan lancar-lancar aja tuh :p. Mungkin yang mengeluarkan pendapat demikian mendapatkan info beberapa tahun yang lalu ketika PhoneGap masih berstatuskan beta, kira-kira tahun 2011 dan itu sudah lama sekali ;). OK deh, sekian dulu postingan saya kali ini. Kalau tidak ada halangan, di postingan selanjutnya saya akan membagikan sebuah contoh aplikasi sederhana menggunakan PhoneGap.

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

12 comments

  1. jack separow Reply

    mas,, cara build web apps yang pke database gmn ya??
    mohon petunjuknya mas, masih gapcod (gagapcoding)
    😀

  2. jack separow Reply

    mksud nya cara build d phonegap
    jquery mobile yang ada database nya

  3. yeyep sudrajat Reply

    Syukur Bli sudah baikan….ngoding boleh jalan terus tapi inga! inga! jangan sampe lupa jaga kondisi badan Bli.

  4. kukuh kurnianto Reply

    gan klo phonegap + eclipse buat apps android ada nemu video atau ebook yang bagus ga,pengen banget ne belajar pk framework tapi ga ada buku2 nya dipasaran yang mendukung

  5. Pingback: PhoneGap Tutorial : Cara Install Phonegap Pada Eclipse Android Untuk Platform Android – Mac | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung

  6. Pingback: PhoneGap Tutorial : Menampilkan dan Parsing Data JSON Dari Web Services (Android & iOS) | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung

    • Gede Lumbung Post authorReply

      perintahnya sama saja, yg penting sudah install apache ant
      atau yg versi phonegap yg terbaru, bisa install dari reponya nodeJs, pake npm

  7. Lestari Reply

    thanks infonya 🙂
    infonya sangat berguna buat saya yg gagap OS Mac..
    soalnya setiap hari gaulnya cuman sama si jendela sama pinguin.
    hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *