PhoneGap Tutorial : Cara Install Phonegap Pada Eclipse Android Untuk Platform Android – Mac

phonegap_lab

Kembali lagi nangkring di depan laptop, dengan tenaga yang terpompa penuh untuk memenuhi target dateline produk  yang saya kerjakan bersama rekan kerja saya. Dulu saya tidak pernah menyangka akan ada di kondisi seperti saat ini. Nangkring di depan laptop, bekerja di bidang yang memang saya gemari. Ada di kota Banyuwangi, kota kecil yang telah banyak memberikan saya arti sebuah kehidupan. Kota yang telah mengubah pola pikir saya hampir 180 derajat. Kota yang memberikan saya banyak pengalaman baru, teman baru, kisah cinta yang baru (walau berakhir tragis, halaahh). Hidup jauh dari orang tua, kadang tidur hanya beralaskan karpet, tidur pagi – bangun siang. Sesuatu yang memang tidak saya pernah saya bayangkan dulu, bahkan tidak ingin saya lakukan. Tapi sekarang saya santai saja menikmati setiap detik perjalanan hidup dan rutinitas saya di umur yang sudah menginjak kepala 2 ini. Haaahh,,, ngomong apaan sihhh :))

Udahan dulu deh ngelanturnya, sekarang saya ingin mencatat sedikit trik ringan yang sangat-sangat ringan. Yaitu membuat project baru PhoneGap untuk platform android. Sebagai catatan, ini saya praktekkan di macbook. Terus terang saja, saya mulai suka dan nyaman bekerja dengan laptop keluaran apple ini. Menggabungkan kemudahan windows dan kehebatan linux. Jika ada rejeki lebih (astungkara), mungkin dalam waktu dekat saya akan beralih ke macbook pro yang lebih maknyuuuss :D. Problem yang saya temui ketika mencoba untuk membuat project PhoneGap pada platform android di windows adalah kesulitan untuk konfigurasi Apache Ant sebagai tool pendukung generator PhoneGap. Yaw udah deh, daripada ruwet, jadi saya coba di macbook saya dan ternyata berhasil tanpa konfigurasi Apache Ant lagi ^_^.

Untuk membuat project PhoneGap baru di platform android sebenarnya sama saja dengan yang versi iOS. Yang berbeda hanya path folder-nya saja. Saya anggap rekan-rekan sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang Cara Install Phonegap Pada Xcode Untuk Platform iOS – Mac. Serta telah men-download library PhoneGap yang terbaru. Nah berikut caranya, dengan menggunakan Terminal, seperti gambar di bawah ini :

Screen Shot 2013-07-01 at 3.23.34 AM

Untuk mencobanya, silahkan buka Eclipse ADT Bundle yang sudah berisikan SDK Android terbaru. Pilih File > Import, untuk memasukkan project yang telah kita buat tadi ke dalam workspace. Jalankan via emulator atau langsung ke hape android milik rekan-rekan.

Screen Shot 2013-07-01 at 3.43.30 AM

Hehe, gampang kan caranya..??? Nah, di postingan selanjutnya saya akan coba untuk menjelaskan cara membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mengambil data dari server dengan menggunakan PhoneGap.

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

3 comments

  1. adi Reply

    bos bisa bntu gx?? bisa gx isi searching di projek android q bro?? pke skripsi q bos
    q nyri nyri contoh coding searcing di android gx dpet2 buat aplikasi android ja q gx isa hahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *