Yii Tutorial : Cara Install Yii Framework PHP di Mac

yii

Masih terbaring lemas di atas tempat tidur, dengan kondisi badan meriang gak karuan. Setelah kemarin sore saya ikut acara donor darah di acara Dies Natalies kampus. Yaw iseng-iseng main ke kampus untuk ikut acara donor darahnya. Sebelumnya saya memang lumayan sering untuk ikut acara donor darah seperti ini saat di bali dulu. Tapi gak tau kenapa setelah ikut acara tersebut, malamnya badan saya malah meriang -_-. Kebetulan pas lagi nganggur kayak gini dan berhubung belum bisa garap kerjaan, saya coba untuk belajar framework Yii. Saya kagum dengan fitur DAO (Data Access Objects) yang dimiliki oleh framework ini. Yaw memang sih, DAO ini dibangun dengan PDO (PHP Database Objects), dimana kita dengan mudah berpindah jenis database tanpa harus dipusingkan dengan query di masing-masing RDBMS. Mungkin lebih keren fungsi migration milik rails atau laravel, yang memang sangat-sangat terlihat profesional untuk urusan software engineering.

Postingan kali ini hanya sekedar catatan sederhana untuk saya, agar saya tidak lupa :p. Yaitu cara install Yii framework di mesin Mac OSX. Sama saja dengan cara install di linux atau windows, tapi karena saya akhir-akhir ini sering bekerja dengan Macbook kesayangan saya (dan kayaknya bakal benar-benar hijrah ke mac :D), jadi yaw pakai tools seadanya saja. Berikut cara-caranya :

1. Silahkan download dulu file framework Yii di http://www.yiiframework.com/download/. Rilis terakhir yaitu versi 1.1.13.

2. Buat 2 folder baru di htdocs (saya disini menggunakan XAMPP), contoh yii dan yii-app.

3. Setelah selesai di-download, silahkan copy file yii-1.1.13.e9e4a0.tar.gz ke folder yii. Ekstrak file tersebut.

4. Buka Terminal, arahkan posisi direktori ke htdocs/yii/yii-1.1.13.e9e4a0/framework/

5. Sekarang kita akan menggunakan generator milik Yii untuk membuat project baru di folder yii-app

Screen Shot 2013-07-06 at 8.07.28 PM

6. OK, sekarang jalankan via browser dengan alamat http://localhost/yii-app. Akan muncul sebuah aplikasi demo sederhana.

Generator milik Yii memang sangat memudahkan kita saat pengerjaan aplikasi. Kayaknya saya kepincut dengan framework yang satu ini. Apalagi dalam waktu dekat akan rilis versi 2.0 nya. Yang tentunya akan membawa banyak fitur-fitur baru ^_^.

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

8 comments

  1. Wuna Pasole Reply

    mantap..!!
    kalau bsa d prbyk lgi referensi ttg yii frmawork..soalnya lgi trtarik dg hal bru sprti ini..

    hehehehe..

  2. Syaeful Bahri Reply

    Sik Asik, Yii Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik, Halah 😀

  3. taufik Reply

    mas cara membuat dinamyc title di codeigniter tuch bagaimna carax….?

  4. Joe Reply

    Yang CI aja lom mahir, udah ada yg lain. Bravo nei Bli…istimewa,
    Sukses ya bli,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *