Pengertian dan Contoh Penerapan Algoritma Bubble Sort Pada C#

Bubble Sort adalah salah satu algoritma untuk sorting data, atau kata lainnya mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya (Ascending atau Descending). Di setiap mata kuliah algoritma atau struktur data, pasti ketemu sama algoritma sederhana yang satu ini. Algoritma Bubble Sort adalah algoritma sorting paling sederhana. Kelebihan dari algoritma ini adalah mudah dipahami dan yang paling simpel. Kekurangannya juga banyak sekali, salah satunya ialah proses akan berhenti jika tidak adanya pertukaran dalam satu iterasi. Sesuai dengan namanya, proses pengurutannya mirip seperti gelembung. Terdapat proses pertukaran atau istilah kerennya swapping.

Terus terang, saya sebenarnya belum mengambil mata kuliah struktur data. Lantaran di semester lalu, kuota sks yang saya miliki kurang memenuhi untuk mengambil mata kuliah yang kata teman-teman saya lumayan bikin puyeng. Karena masih banyak algoritma sorting data dan materi yang lainnya yang harus dipelajari. Dan rencanya, semester depan ini saya akan mengambil mata kuliah maut ini. Maka dari itu, dari sekarang saya sudah belajar terlebih dahulu, biar gak keblinger :D. Nah, tadi sore saya sudah sempat membuat sebuah contoh aplikasi penerapan dari algoritma Bubble Sort dengan C#. Ternyata lumayan mudah juga penerapannya. Kira-kira tampilan kode programnya seperti di bawah ini :

public static void Main(string[] args) {

Console.Write(“Masukkan banyak elemen array = “);
int n = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
int[] array_sort = new int[n];
for (int i = 0; i < n; i++)            {
Console.Write(“Elemen ke-” + (i + 1) + ” = “);
array_sort[i] = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
}

for (int j = 1; j <= n – 1; j++){
for (int k = 0; k <= n – 2; k++) {
if (array_sort[k] < array_sort[k + 1]){
int temp = array_sort[k];
array_sort[k] = array_sort[k + 1];
array_sort[k + 1] = temp;
}
}
}

Console.WriteLine(“”);
Console.WriteLine(“Diurutkan secara Descending”);
for (int i = 0; i < n; i++)            {
Console.WriteLine(array_sort[i]);
}
Console.ReadKey(true);

}

Nah, masih penasaran gimana alur programnya? Silahkan dicoba di komputer masing-masing. Buka SharpDevelope atau Visual Studi, buat Solution baru, terus copy-paste deh syntax-nya. Kalau belum ngerti juga, silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini :D. Sekian dulu postingan saya tentang algoritma Bubble Sort ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang kebetulan juga belajar algoritma sorting data. Mudah-mudahan di postingan selanjutnya, saya bisa posting lagi tentang algoritma sorting data yang lainnya.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

Download Aplikasi

5 comments

  1. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Blog Archive » Tutorial Struktur Data : Implementasi Aplikasi Stack and Queue Sederhana di C#

  2. Pingback: Pengertian dan Contoh Penerapan Algoritma Bubble Sort Pada C# | rahmatalfajri94

  3. ajeng Reply

    mas, bisa tolong jelasin maksud script flash ini ngga?? mohon bantuannya
    array_frame.sort(function () {
    return random(2) ? 1 : -1;
    });
    jumlah_frame = array_frame.length;

  4. nayna Reply

    mas, tolong bantuin dong. inputnya : kediri, outputnya : deiikr, jadi diurutkan dari yang kata paling rendah ke kata yang paling tinggi. tolong bantuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *