Nusantara Online, Game Online Pertama Buatan Indonesia

Nah, ini dia game online pertama buatan Indonesia. Namanya Nusantara Online, yang berkisah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia. Setelah melewati masa uji coba selama kurang lebih 4 tahun, akhirnya game ini dapat dimainkan oleh penggila game di tanah air. Sebenarnya game ini sudah siap sejak pertengahan tahun 2009, tapi karena dirasakan masih ada perlunya uji coba akhirnya game ini meluncur 6 bulan kemudian.

Gaame Nusantara Online meerupakan game Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) pertama buatan Indonesia. Dengan menggunakan enggine yang bernama ANother Game Engine Library (ANGEL) yang juga asli buatan putra-putri Tanah Air. Walaupun masih menggunakan engine yang kurang canggih, pihak pengembang yakin game ini akan populer 2-3 tahun kemudian. Bukan hanya engine game yang menentukan, tapi juga alur cerita dari game itu sendiri. Nusantara Online mengangkat cerita budaya Indonesia pada saat masih terdiri atas kerajaan. Tentunya ini adalah hal yang sangat dicari oleh para gamers yang sudah merasa bosan dengan hal-hal yang berbau modern dan fantasi. Sekaligus sebagai pengenalan terhadap budaya dan sejarah bangsa Indonesia.
Saat ini, game buatan dua studio asal Bandung tersebut telah memiliki 10 server yang dihosting di dua ISP. Untuk realm Jakarta, server diletakkan pada data center Telkom dan untuk realm Bandung, server ditaruh pada data center Melsa. Pada saat uji coba, pihak pengembang juga mengajak Universitas Gunadharma untuk melakukan testing terhadap Nusantara Online. Ditemukan beberapa bug dan error pada game tersebut, namun bug dan error tersebut segera ditambal. Memang dari kelemahan itulah kita bisa menjadi yang lebih baik.

Pada awal peluncurannnya (alpha), Nusantara Online hanya menghadirkan permainan di tiga kerajaan: Majapahit, Pajajaran, dan Sriwijaya. Sementara versi kedua yang saat ini tengah dikembangkan bakal menghadirkan tambahan tiga kerajaan, yaitu Samudera Pasai, Gowa, dan Bedahulu. Versi betanya direncanakan akan muncul bulan depan. Pengembangan game Nusantara Online sendiri dilakukan oleh dua institusi yang bertempat di Bandung. Pengembangan engine  game dilakukan oleh Sangkuriang Studio, sedangkan karakter dan jalan cerita (gameplay) digarap Telegraph Studio. Adapun pihak publisher dipercayakan kepada PT Nusantara Wahana Komunika asal Jakarta.

Untuk spesifikasi hardware yang dibutuhkan, versi alpha dari game ini masih membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Misalnya minimal memori 2GB, prosesor dual core 1,5 Ghz dan OS XP SP3 atau Vista SP1. Tapi untuk versi beta, pengembang berjanji akan memberikan spesifikasi yang lebih rendah lagi. Oke, kita tunggu aja kehadiran final dari game ini. Semoga game ini bisa menunjukkan jati diri bangsa Indonesia di kancah game Internasional dan dunia. Go Indonesia…..!!!!!

Untuk info lebih lanjutnya, silahkan kunjungi website resmi Nusantara Online di http://nusantara-online.com. Nie beberapa screenshot game Nusantara Online :

8 comments

  1. blogpopuler Reply

    wah…mantap…sukses buat pembuatnya.Semoga saja game2 buatan anak bangsa dapat diminati dan disukai dan dapat bersaing dengan game2 dari luar.
    Salam kenal mas

  2. gedelumbung Reply

    @blogpopuler : salam kenal juga bang,,

    @darahbiroe : masih dalam versi beta tuh gamenya,..
    Tapi dari segi interface keren kayak`ny,,
    hwehehee,,,

    @febriyanto : pasti brow,,,
    selalu gunakan produk dalam negeri, seperti kata pemerintah,,
    hwehehe,,,,

  3. Pemoeda Pedjoeang Reply

    salut !!! apa yg saya impikan akhirnya terwujud, yaitu game lokal bernuansa sejarah Nusantara, alangkah bagusnya suatu saat nanti ada game lokal lagi , spt Call Of Duty, Medal of Honor tapi bertemakan perang kemerdekaan melawan penjajah

  4. elfxlaw Reply

    koq di komp gua nggak bisa jalan yah aplikasi terminate… gimana dunks caranya….

  5. Shunryu Reply

    :matabelo: Wah padahal udah gembira bgt baca judulnya.. ternyata kok spesifikasinya parah bgt..
    :puyeng: padahal klo targetnya org indonesia kan hrusnya spesifikasinya jgn terlalu tinggi kyk gitu.
    :pray: Berharap versi beta dapat di mainkan sperti game online ringan lainya ( EX: Angel Love Online).

  6. GR Reply

    ya la produk dalam negeri top markotop dr pd produk luar yang santai abal + basi lg, heheheheheheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *