Membangun Aplikasi Blog Desa Kabupaten Banyuwangi Dengan Framework CodeIgniter : Tampilan Utama WebBlog

Akhirnya selesai juga sebuah aplikasi blog yang saya buat selama hampir 2 minggu ini. Aplikasi blog yang saya buat ini merupakan blog desa se-kabupaten Banyuwangi. Dan kebetulan dalam proses pembuatannya, saya kembali menggunakan framework CodeIgniter karena telah terbukti cukup handal untuk membangun aplikasi web skala besar dengan waktu yang relatif singkat karena konsep MVC-nya. Mungkin muncul pertanyaan di benak teman-teman, “Mengapa tidak menggunakan CMS yang sudah jadi saja, toh juga hanya merupakan aplikasi blog biasa?”. Yuppzz, pertamanya saya memang ingin menggunakan CMS yang sudah jadi untuk membangun aplikasi blog desa ini. Tetapi setelah melihat konten-konten yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi ini nantinya, saya menjadi berubah pikiran. Saya baru tahu, kalau kabupaten Banyuwangi mempunyai 24 kecamatan dan 217 desa/kelurahan (maklum, saya bukan orang Banyuwangi asli :D). Menurut saya, faktor itulah yang akan menjadi masalah dalam proses manajemen konten pada aplikasi blog desa ini nantinya. Hal ini disebabkan penyusunan site map serta content pada aplikasi CMS yang tersedia saat ini sulit untuk distandarisasikan.

Untuk tampilan utamanya saya bagi menjadi 3, yaitu tampilan untuk kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Otomatis untuk tampilan utamanya ini, saya menggunakan 3 Controller yang berbeda agar bisa lebih fokus untuk menampilkan konten masing-masing wilayah sesuai tingkatannya. Karena wilayahnya berbentuk struktur hirarki, maka susunan wilayah pada aplikasi CMS ini didesain menggunakan teknik hierarchical denormalization. Nah, untuk memudahkan pengguna internet dalam memperoleh informasi untuk masing-masing wilayah, maka perlu dibuat relasi antar web-blog yang tersusun mengikuti struktur hierarki pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai dengan desa/kelurahan.

Menu Site Map juga dibuat berbentuk struktur hirarki dan dapat ditambahkan melalui halaman superadmin. Tidak semua wilayah mempunyai data yang sama, maka dari itu menu yang tampil pada weblog suatu daerah seharusnya dapat disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing. Dan ini dapat disesuaikan melalui control panel admin daerah masing-masing. Semua data-data tersebut (data wilayah, menu site map, konten-konten, dan yang lainnya) disimpan dalam database web hosting yang bisa diakses oleh user dimana saja dan kapan saja. Rancangan database juga harus dibuat se-efisien mungkin, sehingga mudah dalam pengelolaan konten-konten ketika jumlahnya sudah banyak.

Walaupun tampilan utamanya sudah jadi, masih banyak yang harus dikembangkan dari aplikasi web blog desa ini. Diantaranya sistem untuk melakukan terjemahan konten ke bahasa Inggris (multi language) secara otomatis, sistem rekap laporan yang sudah menggunakan DSS (Decision Support System), dan yang lainnya. Dibawah ini, sudah saya sediakan link demo dan link untuk men-download source kode aplikasi blog desa yang sudah saya jelaskan diatas. Mungkin ada diantara rekan-rekan yang ingin mengembangkan untuk daerahnya masing-masing. Nah, sekian dulu cuap-cuap saya tentang aplikasi blog desa ini, di postingan selanjutnya akan saya bahas lagi tentang pembuatan aplikasi blog desa Kabupaten Banyuwangi ini.

Happy Blogging and Keep Coding
Cheerrzzz….!!!

Download Aplikasi

26 comments

  1. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Blog Archive » Membangun Aplikasi Blog Desa Kabupaten Banyuwangi Dengan Framework CodeIgniter : Rancangan Database

  2. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Blog Archive » Membangun Aplikasi Blog Desa Kabupaten Banyuwangi Dengan Framework CodeIgniter : Halaman Administrator

  3. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Blog Archive » Membangun Blog Desa se-Kabupaten Banyuwangi Untuk Mewujudkan Kemandirian Nasional

  4. kawa Reply

    mas mau tanya untuk edit atau mengubah tampilan gambaran petanya dimana?n dmna juga script tuk mengubahx

    • Gede Lumbung Post authorReply

      itu petanya kalo diubah, javascript utk captionnya juga harus diubah…
      saya pakai polymap utk ngubah2 koordinat petanya,..

      • dara Reply

        maap kak gede kalo boleh lebih dijelasin lagi itu di file yang mana ya trus masuk folder apa untuk caption javascriptnya??

  5. muhaimin Reply

    mengganti nama Banyuwangi yang berada dibawah gambar header tempate dimana om?
    makacih

  6. rudek Reply

    ko tidak bisa login admin gan??

    INSERT INTO `tbl_user` (`kode_user`, `kode_wilayah`, `nama_user`, `username`, `password`) VALUES
    (‘ades001’, ‘des0001’, ‘Gede Lumbung’, ‘admindesabadean’, ’09ed14f6f2d7b3222487a6d2b9dee0d4′),
    (‘akec09’, ‘kec09’, ‘Gede Lumbung’, ‘adminkecamatankabat’, ‘4983ed581a1bbff8f9e30e295a854402’),
    (‘sua01’, ‘kab01’, ‘Gede Lumbung’, ‘superadminkabupaten’, ‘df52bc66fb6c160d712d775ecdab70e5’),
    (‘ades002’, ‘des0002’, ‘Gede Suma Wijaya’, ‘admindesabareng’, ‘640d572be48b0f3e2c570199aa1c892b’);

    user sama password udah bener. . .#tolong solusinya gan

  7. Agus... Reply

    Bos… blognya oke banget, terutama untuk belajar. Terimakasih untuk semuanya, saya ijin coopas satu persatu… untuk belajar codeigniter… sekali lagi terimakasih.. dan teerus berkarya.

  8. Rachmad Reply

    Terima kasih bli.. saya ijin pakai buat tugas kuliah saya ya bli. terima kasih sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *