Tutorial Linux : Setting Modem Venus VT12 Pada Linux Ubuntu

Kali ini saya mau berbagi sedikit tips ringan tentang, “Bagaimana sih caranya setting modem venus VT12 pada Linux Ubuntu???”. Yupzz, modem venus inilah yang setia menemani saya untuk browsing akhir-akhir ini melalui OS Windows (masih pake yang bajakan, mudah-mudahan bisa beli lisensinya tahun depan) atau OS Linux. Jika menggunakan OS Windows, kita tidak perlu direpotkan dengan pengaturan yang rumit, cukup install driver-nya saja. Dan pada Ubuntu, memang caranya agak berbeda. Kalau dicari via mesin pencarinya mbah google, mungkin sudah banyak yang menyediakan tutorialnya. Teman saya, si Willy pun sudah pernah mem-posting tutorial serupa di blognya (walau sekarang blognya tidak masuk di pencarian google, gara-gara masih memakai domain co[dot]cc :D). Tutorial ini hanya saya gunakan sebagai catatan saja, siapa tau aja kalau besok-besok OS Linux saya harus di-iNuL (install ulang), saya tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mencari tata cara untuk mengatur konfigurasi modem Venus ini.

Disini saya menggunakan aplikasi wvdial, yang tampilannya menggunakan CLI (Command Line Interface). Terbukti koneksinya memang lebih cepat jika dibandingkan versi GUI yang menggunakan Gnome PPP Dialer (menurut pengalaman pribadi saya lho yaw).

1. Buka Terminal, dan kita install dulu aplikasi wvdial :

sudo apt-get install wvdial

2. Setelah proses instalasi selesai, kita atur konfirgurasinya yang terdapat pada file wvdial.conf melalui Terminal lagi :

sudo gedit /etc/wvdial.conf

3. Nah, akan muncul aplikasi gedit yang berisi konfigurasi default dari wvdial. Hapus konfigurasi default-nya, dan pasangkan konfigurasi di bawah ini :

[dialer Defaults]
init1 = ATZ
init2 = AT+CRM=1
Stupid mode = 1
Phone = #777
SetVolume = 0
FlowControl = Hardware (CRTSTCS)
Inhents = Modem0
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = telkomflexi
Password = telkom
DialCommand = ATDT
Baud = 115200

4. Kemudian jangan lupa untuk disimpan. Pada konfigurasi di atas terdapat username dan password yang bisa disesuaikan dengan provider masing-masing. Karena modem VT12 ini merupakan modem CDMA dan saya menggunakan provider TelkomFlexi, maka yang saya contohkan yaw konfigurasi untuk provider tersebut :D.

5. Untuk memulai proses “internetan”, ketik sudo wvdial pada Terminal. Dan jika tidak ada masalah, komputer kita sudah bisa digunakan untuk mengakses internet.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *