Tutorial Linux : Kustomasi Tema Ubuntu Dengan NerUt Dark Equinox

Sudah lama rasanya saya tidak posting tentang tutorial Linux. Yaw walaupun ilmu saya di dunia Linux masih sangat-sangat cetek, ingin rasanya mendokumentasikan sedikit ilmu yang baru saya dapatkan. Tepatnya tadi gara-gara gak ada kerjaan, iseng-iseng saya berkunjung ke situs DeviantArt untuk mencari wallpaper dan tema untuk OS linux di laptop saya. Akhirnya saya menemukan sebuah tema GTK dengan nuansa gelap yang sesuai dengan warna kulit selera saya. Setelah membaca form komentar di bawahnya, saya baru tau kalau tema GTK yang bernama NerUt Dark Equinox ini buatan orang Indonesia. Sebuah kebanggan untuk bangsa ini, karena banyak developer-developer lokal yang tidak kalah saing dengan developer luar dalam membuat aplikasi. Nah, kali ini akan saya jelaskan sedikit cara instalasinya :

1. Silahkan kunjungi halaman downloadnya di http://nerutwong.deviantart.com/art/NerUt-Dark-Equinox-208799343. Saya sarankan untuk mendownload file dengan ekstensi *.deb, agar lebih mudah dalam instalasinya.

2. Ouw yaw, sekedar informasi kalau tema ini berbasiskan Equinox Evolution Dusk, jadi sebelum instalasi tema, install dulu gtk engine equinox

sudo add-apt-repository ppa:tiheum/equinox
sudo apt-get update
sudo apt-get install gtk2-engines-equinox equinox-theme

3. Setelah selesai instalasi gtk engine equinox, kita lanjut menginstal tema yang sudah di download tadi. Karena file tema-nya berbentuk package instaler, kita tinggal mengkliknya 2 kali, atau klik kanan pilih gDebi Package Installer.

4. Akan muncul kotak dialog instalasi, klik tombol Install Package untuk memulai proses instalasi.

5. Setelah selesai instalasi, masuk ke System > Prefrences > Appearance, dan pilih NerUt Dark Equinox. Kalau ingin modifikasi, silahkan dicoba sendiri :D.

OK deh, sekian dulu postingan saya kali ini. Semoga bisa menginspirasi rekan-rekan untuk memodifikasi tampilan desktop linux.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

3 comments

  1. Sugeng Reply

    Rasanya lama seali gak mampir disini, bukan karena lupa tapi karena gak bisa ngakses saat masih di dot co dot cc.
    Info menarik mas, bisa nambah referensi ku 😉

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *