Tutorial Linux : Cara Install dan Konfigurasi Cinnamon di Linux Mint 12

Bangun siang di hari yang kejepit ini, kalau dulu pas masih nangkring di bangku sekolah saya paling malas untuk masuk. Mungkin sampai sekarang tradisi seperti itu masih melekat erat di pikiran mereka yg masih sekolah :p. Rencana hari ini saya mau internet’an di lab litbang kampus, tapi apa daya kuncinya dipegang sama pak ketua. Jadilah cuma bisa duduk di koridor kampus, hanya bisa menikmati koneksi seadanya. Padahal saya mau numpang donlod update’an linux mint 12 yang baru saya install kemarin. Ngomong-ngomong soal linux mint 12, versi yang terbaru ini sudah menggunakan Gnome 3 alias Gnome Shell. Tapi ada sedikit modifikasi dengan menghadirkan panel di bawah layaknya gnome versi terdahulu. MGSE (Mint Gnome Shell Extension) itulah nama desktop environment yang tertanam secara default di mint 12, miriplah dengan Gnome Shell karena dasarnya memang dari Gnome Shell.

Terus terang saya kurang suka dengan tampilan Gnome Shell yang agak susah dalam hal penggunaannya. Solusinya kita bisa menggunakan desktop environment yang lainnya dengan tetap berbasiskan Gnome Shell, yaitu Cinnamon yang juga dibuat oleh para developer linux mint. Tampilannya sederhana seperti Gnome 2 dan canggih seperti Gnome Shell. Nah, di postingan kali ini saya akan membahas sedikit trik sederhana instalasi cinnamon di linux mint 12.

1. Syarat utamanya, kita harus menginstall Gnome Shell terlebih dahulu. Ini untuk yang belum terdapat Gnome Shell di dalam OSnya seperti ubuntu, debian dan yang lainnya. Kalau untuk pengguna linux mint 12, langkah ini bisa dilewatkan.

sudo apt-get install gnome-shell;gnome-themes-standard

2. Buka terminal, tambahkan repositori di bawah ini dan update kembali repositorinya:

sudo add-apt-repository ppa:merlwiz79/cinnamon-ppa

sudo apt-get update

3. Install cinnamon setting via terminal

sudo apt-get install cinnamon cinnamon-session cinnamon-settings

4. Install cinnamon theme, disini saya menggunakan Minty theme.

sudo apt-add-repository ppa:satyajit-happy/themes
sudo apt-get update
sudo apt-get install cinnamon-theme-minty

Theme yang lainnya bisa dilihat di http://cinnamon-spices.linuxmint.com/themes.

5. Setelah selesai instalasi, logout dari sistem. Ketika akan login kembali, pilih cinnamon pada session login.

6. Cinnamon sudah terpasang di OS linux kita. Cinnamon theme bisa diganti di menu Cinnamon Settings. Sekarang tinggal menambahkan beberapa icon dan gnome shell theme. Silahkan baca tutorial saya beberapa waktu yang lalu, tentang cara instal dan konfigurasi Gnome Shell.

Tampilannya sangat sederhana dan mudah dalam penggunaannya. Efek-efeknya juga lumayan OK walaupun gak se-keren compiz. Masih banyak desktop environment yang bisa kita gunakan, contohnya seperti Mate yang mempunyai tampilan mirip seperti Gnome 2. OK deh, sekian dulu postingan sederhana di kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua,

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *