Tutorial Linux : 7 Indicator Applet Menarik Untuk Ubuntu

Pengguna linux pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Indicator Applet. Yupzz, indicator applet adalah applet panel yang akan menjadi host area indikator aplikasi. Dengan kata lain, indicator applet adalah sebuah shortcut yang berfungsi untuk mempercepat akses ke suatu aplikasi. Indicator applet dikembangkan sebagai bagian dari proyek menu olahpesan dan dimaksudkan untuk menjadi wadah generik untuk indikator panel. Sebenarnya bukan berfungsi sebagai akses cepat ke suatu aplikasi saja, indicator applet juga berfungsi sebagai notifikasi untuk pengguna. Di luar sana, sudah banyak dikembangkan indicator applet oleh para pengembang aplikasi open source. Dan kali ini, saya akan membahas 7 indicator applet menarik dan cocok dipasangkan pada OS Ubuntu kesayangan kita.

1. Battery Status

Indicator applet ini berfungsi untuk memantau kapasitas catu daya atau baterai yang tersisa. Hampir mirip dengan indicator applet battery standar yang merupakan default dari OS Ubuntu.

Battery status bisa dipasang pada Ubuntu 9.10, 10.04, dan 10.10 melalui PPA :

  • sudo add-apt-repository ppa:iaz/battery-status && sudo apt-get update
  • sudo apt-get install battery-status

2. CPUFreq

Pemantauan penggunaan CPU adalah prioritas utama bagi banyak pengguna pada perangkat portabel. Dengan membatasi kecepatan clock laptop / netbook, kita dapat memperpanjang pemakaian baterai. CPUFreq menawarkan semua fungsi dari applet GNOME standar tetapi  ditampilkan dalam bentuk indicator applet.

CPUFreq bisa dipasang pada Ubuntu 10.04, dan 10.10 melalui PPA :

  • sudo add-apt-repository ppa:artfwo/ppa
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install indicator-cpufreq

3. MyWeatherIndicator

MyWeatherIndicator adalah panel berbasis applet cuaca yang dapat menyampaikan berbagai macam informasi tentang meteorologi. Dengan lokasi yang bisa diatur sesuai keberadaan kita, indicator applet ini akan sangat berguna dalam memantau hawa, suhu, cuaca dan yang lainnya. Applet ini membutuhkan koneksi internet agar dapat menampilkan informasi diatas.

MyWeatherIndicator bisa dipasang pada Ubuntu 10.04, 10.10 dan 11.04 melalui PPA :

  • sudo add-apt-repository ppa:lorenzo-carbonell/atareao
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install my-weather-indicator

4. Indicator KeyLock

Indicator yang satu ini berfungsi untuk memberikan notifikasi ketika tombol Caps Lock, Scroll Lock, atau Num Lock diaktifkan. Funginya hampir sama seperti lampu indicator yang terdapat pada keyboard.

Silahkan di download via PPA :

  • sudo add-apt-repository ppa:tsbarnes/indicator-keylock
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install indicator-keylock

5. USB Safe Removal

Applet ini berfungsi hampir sama dengan sistem ‘tray-bound-ejector’ USB pada Windows 7. Dan ini, hadir pula pada Ubuntu dengan bentuk applet. Semua perangkUSB yang ditancapkan pada port USB akan nampak pada applet ini.

Silahkan download installer-nya yang tersedia di http://dl.dropbox.com/u/7138409/indicator-usb/indicator.html

6. USB Ejecter

Sama seperti USB Safe Removal di atas, hanya saja USB Ejecter ini tampilannya lebih sederhana dan tidak memenuhi panel :D. Secara pribadi, saya lebih memilih Drive Removal yang satu ini.

  • sudo add-apt-repository ppa:fredp/ppa
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install ejecter

7. Pastie

Indicator applet yang satu ini berfungsi sebagai clipboard, dimana applet ini akan menyimpan setiap teks yang kita copy atau cut. Sehingga akan lebih mudah untuk mencari kata-kata yang pernah kita copy atau cut sebelumnya.

Monggo di download via PPA :

  • sudo add-apt-repository ppa:hel-sheep/pastie
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install pastie

Nah, sekian dulu postingan saya untuk beberapa indicator applet untuk Ubuntu ini. Sebenarnya masih banyak indicator applet menarik lainnya, tetapi rata-rata yang banyak dipakai hanyalah indicator applet seperti yang saya jabarkan di atas. OK deh, semoga bisa menambah wawasan rekan-rekan tentang dunia Linux dan Open Source.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *