Tutorial Flash : Membuat Game Billiard Sederhana Dengan Flash

Akhir-akhir ini saya lebih sering bekerja dengan PC jadul yang setia nangkring di pojok kamar saya. Mungkin lantaran rindu dengan masa-masa perjuangan di STM dulu, dimana PC jadul tersebut selalu menemani saya di kala ada tugas. Dan kembali tadi sore setelah pulang dari ITS (IT Solution) :D, saya berniat mengerjakan pekerjaan yang masih seabrek dan belum selesai di PC jadul tersebut. Tapi gak jadi, gara-gara pikiran yang masih capek dan penat. Mulailah saya iseng-iseng untuk membuka file-file lama yang sempat saya kerjakan dulu. Akhirnya saya menemukan sebuah game billiard sederhana dengan flash yang dulu sempat saya buat ketika awal-awal pindah ke Banyuwangi. Game billiard ini belum benar-benar jadi, lantaran pada waktu itu saya sudah mulai sibuk dengan tugas-tugas kampus. Nah, daripada jadi file yang gak berguna di PC jadul saya tersebut, lebih baik saya bagikan saja di blog ini, hitung-hitung nambah postingan (#haha). Kira-kira “penampakannya” seperti di bawah ini :

Masih benar-benar sederhana dan culun punya, secara masih pakai ActionScript2. Kalau dibuat dengan menggunakan ActionScript3, pasti hasilnya akan jadi lebih mantap dan ciamik. Game ini masih belum ada sistem levelnya. Jika ingin dikembangkan, di setiap levelnya bisa ditambahkan bola maupun lubang bolanya. Atau bisa juga ditambahkan sistem scoring dan bola yang dimasukkan harus berurutan sesuai angkanya.

OK deh, seperti biasa, di bawah postingan ini sudah saya sediakan link downloadnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berkembang di tangan rekan-rekan yang kebetulan mampir di blog saya ini.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

Download Aplikasi

14 comments

  1. toing Reply

    mas share game buat di android donk sama source codenya juga ya, saya butuh referensi ni lg mau buat skripsi, terima kasih.

  2. andri Reply

    simpel tp seru,,
    dengan sisa 50scnd saya melahap habis semuanya 😀

  3. galie Reply

    gan ga ada penjelasan fungsi dari action script’a apaa??
    jadi ane taw setiap action script buat apa,klo cari taw sendiri puyeng bgt hahaha
    maklum newbetol

  4. dicky septian Reply

    kak aku donwload file nya kok gak bisa login di gudanglumbung???

  5. sinta Reply

    Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    [EDITED BY ADMIN]
    MY PLACE, MY RULES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *