Tutorial Enkripsi : Contoh Implementasi Enkripsi Vigenere Untuk Teks Pada PHP

Kembali lagi ke rutinitas lama, setelah semua pekerjaan selesai saya action tepat pada waktunya. Dan tadi akhirnya saya bisa tidur siang lagi, rasanya benar-benar nikmat. Sekarang nangkring depan laptop lagi dan saya bingung mau mengerjakan apa :D. Inilah penyakit yang paling saya takuti jika tidak ada tanggungan dan pekerjaan yang sedang mengejar-ngejar. Paling enak yaw belajar hal baru, seperti belajar membuat aplikasi di platform blackberry atau di android. Tapi pas buka eclipse, saya ingat lagi dengan tugas proyek yang masih mangkrak untuk di semester ini dan skripsi di semester depan. Hahaha, dijamin #galau tingkat dewa, semuanya sama-sama penting. Belum lagi keinginan untuk ikut seminar nasional lagi di surabaya yang kayaknya gak akan kesampaian. Karena batas deadline pengumpulan full paper-nya adalah tanggal 20 Juli besok :p.

Nah, tadi saat asik-asiknya saya membersihkan file-file gak penting di laptop + nunggu file donlod’an, nongol deh tugas kriptografi yang sempat saya buat untuk presentasi saat UAS kemarin. Aslinya saya sudah mengumpulkan tugas kriptografi saat UTS yang menggunakan metode AES, dan berhubung itu enkripsinya menggunakan library+harus di-presentasikan, jadilah saya membuatya dari awal lagi, cuma saya mengambil algoritma enkripsi yang lebih sederhana dan cepat dibuatnya. Saya memilih Vigenere, yang berhasil saya kerjakan selama 3 jam :D. Sekilas tentang Vigenere versi saya, algoritma enkripsi ini sebenarnya pengembangan dari enkripsi Caesar Ciper. Dimana Caesar Ciper bekerja dengan menggeser plain teks (kata yang ingin di-enkripsi) dari posisi awal (maju atau mundur) sebanyak jumlah yang sudah ditentukan. Caesar Ciper hanya untuk diterapkan pada huruf. Pada Vigenere, ditambahkan kunci untuk melakukan enkripsi. Jika panjang karakter kunci lebih sedikit dari panjang karakter plain teks, maka sisanya diambilkan dari karakter awal kuncinya hingga panjangnya sama dengan panjang plain teks. Kira-kira contohnya seperti di bawah ini :

plain teks = A K U S A Y A N G K A M U  -> panjang karakter 13

kunci = G A L A U -> panjang karakter 5

————– proses ———–

A K U S A Y A N G K A M U  -> sama-sama berjumlah 13

G A L A U G A L A U G A L    -> sama-sama berjumlah 13

Dalam prosesnya, hasil tersebut dicocokan dengan tabel yang sudah kita buat, yang sebenarnya adalah array 2 dimensi. Gambaran tabelnya kira-kira seperti di bawah ini, saya skrinsut saja dari potongan codingnya :p

misalnya A (kolom) dengan G (baris), jika dicocokan dengan tabelnya, akan menghasilkan huruf G. Begitu juga pasangan huruf yang lainnya. Dari contoh di atas, hasil enkripsinya adalah GKFSUEAYGEGMF. Proses dekripsinya juga sama, mencocokkan dengan tabel di atas, dengan syarat kunci harus sama dengan kunci yang digunakan saat enkripsi. Kebetulan saya buat aplikasinya menggunakan PHP+jQueryMobile, supaya bisa dijalankan di perangkat mobile. Contohnya bisa dilihat di link demo pada akhir tulisan ini. Source kodenya juga bisa di-donload di Gudang Download. OK deh, sekian dulu postingan saya tentang enkripsi Vigenere kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

[to_like]Download Aplikasi[/to_like]

10 comments

  1. IKHSAN Reply

    Mau tanya mas, ini fungsi dari button hapus ini untuk menghapus apa ya?? Untuk menghapus teks nya pun nggak bisa..

  2. komang Reply

    gan, tlg donk kasi tau apa koding na untuk buat enkripsi ini???
    ana lagi butuh banget ni gan…. 🙁

  3. anacewe Reply

    pas di donlotan g ada fungsi search ya … puyeng klik 1 / 1 … musti baca judul perhalaman … sigh

  4. Pingback: Tutorial Enkripsi : Contoh Implementasi Enkripsi Vigenere Untuk Teks Pada PHP | Riskun Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *