Tutorial BlackBerry : Cara Praktis Install SDK BlackBerry di Windows

Malam ini berkutat lagi dengan tugas yang akan dikumpulkan untuk UAS besok. Dan terpaksa beberapa pekerjaan saya istirahatkan terlebih dahulu. Setelah berhasil menghajar tugas AI tentang penerapan algoritma genetika dari 3 hari yang lalu, kini masih tersisa tugas machine learning yang setia menunggu untuk segera di-action. Ini satu-satunya tugas yang menjadi momok di semester ini, karena berhubungan dengan citra digital. Kalau sudah citra digital, pokoknya saya nyerah deh. Maklumlah dulu saya gak ikut mata kuliah pemrograman citra, jadinya sekarang keblinger (#haha). Malam ini saya kerjakan sebisanya saja, terserah pak dosen mau memberikan nilai berapa, rugi juga kalau nilai tinggi tapi saya tidak begitu mengerti (pasrah mode:on). Nah, sebelum berkutat dengan si machine learning, saya akan sempatkan untuk berbagi postingan sedikit tentang cara praktis install SDK blackberry di windows.

“Lho, kok BB…???”. Hehe, sebenarnya ini tuntutan kerjaan, mau gak mau yaw saya harus belajar cara membuat aplikasi di platform blackberry juga, yaw hitung-hitung sekalian menambah pengalaman. Awalnya saya memang tidak begitu suka dengan blackberry, tapi entah kenapa setelah menginstall SDK blackberry beberapa hari yang lalu, saya jadi kepincut dengan handset besutan RIM ini :D. Bukan karena tertarik dengan fitur BBM-nya, tapi lebih ke fungsionalitas dan berbagai peluang usaha yang bisa dihasilkannya. Kebetulan juga bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi di platform blackberry adalah JAVA, mirip-miriplah dengan android. IDE-nya juga disarankan menggunakan Eclipse, tentunya yang sudah ditambahkan dengan SDK blackberry. Awalnya saya memang dibuat bingung, bagaimana cara instalasinya. Di postingan kali ini, saya akan coba untuk berbagi cara-caranya. Cekidot gan…

1. Cara instalasinya lebih mudah jika dibandingkan dengan android, maklumlah karena blackberry adalah platform tertutup. Beda dengan android yang merupakan platform terbuka, sehingga hampir semua komponennya terpisah dan menggunakan komponen-komponen software open source lainnya.

2. Disini saya menggunakan BlackBerry Plug-in for EclipseSilahkan kunjungi link https://developer.blackberry.com/java/download/eclipse.

3. Kita diberikan 2 pilihan untuk melakukan instalasi SDK Blackberry untuk Eclipse, bagi yang sudah mempunyai software eclipse bisa menambahkan plugin dengan cara menambahkan repository software pada menu Help > Install New Software > Add > masukkan link-nya. Tapi saya tidak menyarankan langkah ini, karena saya sudah menjadi korban kegagalannya. Setalah menunggu hampir selama 8 jam, ternyata SDK-nya gagal di-install. Apalagi jika Eclipse-nya sudah terdapat SDK android (seperti eclipse kepunyaan saya), kemungkinan besar akan mengalami kegagalan.

4. Nah, cara lainnya dan yang saya sarankan, ialah dengan men-download Eclipse yang sudah langsung berisikan SDK blackberry di dalamnya.

5. Kita akan dibawa ke halaman download, ketika kita meng-klik link download, kita diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu software Akamai NetSession Interface. Sebuah software untuk melakukan ekstrak file SDK hasil download nantinya. Klik link download installer.

6. Setelah selesai di-download, install software tersebut.

7. Kemudian baru kita klik kembali link download tersebut, maka akan muncul kotak browse dialog untuk menyimpan file SDK+Eclipse yang sudah di-bundling. Tentukan tempat untuk menyimpan filenya.

8. Centang pada pilihan “Automatically open when complete.”. Proses download akan berjalan dan jangan menggunakan software IDM atau software download manager lainnya. Saya sebelumnya sudah mencoba men-download SDK’nya dengan menggunakan IDM, dan ketika akan di-instal selalu gagal. Memang agak lama sih dan yang terpenting berhasil :D.

9. Setelah selesai, maka file installer tersebut akan langsung dijalankan. Tunggu sampai proses download selesai.

Nah, lumayan gampang kan cara instalasinya…??? Memang sih ada trik-trik tertentu agar bandwidth dan waktu yang kita korbankan untuk men-download file SDK lengkapnya tidak menjadi sia-sia. OK deh, semoga sedikit pengalaman dan panduang pada postingan kali ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan. Selamat mencoba pengalaman membangun aplikasi di platform blackberry, sukses untuk kita semua

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

1 Comment

  1. Robby Prihandaya Reply

    oke bli, di coba dulu,..
    mmpung kmaren ane di kasih bebe gratis,.
    ad baiknya ane juga ikutan coba2 buat aplikasinx,.
    tengkiu untuk infonya,. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *