Tutorial Android : Menambahkan Akses Root Pada Android 2.3 Gingerbread

Hari ini saya masih tetap nangkring di ruang litbang, senantiasa mengawasi mahasiswa yang akan melakukan perwalian atau konversi nilai. Berhubung tidak ada mahasiswa yang ke ruang yang cukup membosankan ini (tapi koneksi internetnya gak ngebosenin lho), saya mau posting sedikit tentang cara untuk melakukan rooting pada smartphone Android yang menggunakan Gingerbread 2.3. “Nah lho, apalagi tuh rooting…???”. Rooting adalah suatu cara untuk membuat perangkat kita agar memiliki hak superuser, seperti istilah root di linux dan untuk di windows kira-kira setingkat dengan administrator. Hak akses root sangat dibutuhkan ketika kita akan menginstal sebuah aplikasi yang membutuhkan hak  akses superuser seperti Root Explorer, Link2SD, dan aplikasi yang lainnya. Sekalian melanjutkan postingan saya yang sebelumnya tentang cara Upgrade Galaxy Gio ke Gingerbread, yang kurang mantap rasanya kalau belum di rooting. Caranya berbeda ketika kita akan melakukan rooting pada smartphone yang menggunakan Froyo 2.2, dimana kita menggunakan software Super One Click yang sangat mudah dalam pengoperasiannya. Berikut caranya :

1. Download terlebih dahulu file yang dibutuhkan untuk melakukan rooting. Filenya bisa didownload disini.

2. Setelah selesai, copy file dengan nama gingerbread_rooting.zip tersebut ke dalam sd card dan tempatkan filenya di direktori paling atas.

3. Matikan smartphone Android, dan masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power + tombol home secara bersamaan. Tidak perlu menunggu lama, maka akan muncul tampilan recovery mode seperti gambar di bawah ini.

4. Gunakan tombol volume untuk memilih pilihan yang terdapat dalam mode tersebut, pilih apply update from sdcard dengan menekan tombol home.

5. Pilih file dengan nama gingerbread_rooting.zip yang sudah kita copy ke sd card. Maka proses rooting akan berjalan, dan jika berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

6. Reboot smartphone, dan lihat pada menu aplikasi. Akan terdapat sebuah aplikasi superuser, yang menandakan smartphone Android kita berhasil di root.

Cukup gampang kan caranya…??? OK deh, semoga sedikit tips dan trik di atas bisa membantu rekan-rekan yang ingin melakukan rooting pada smartphone Android kesayangannya.

NB : Resiko tanggung sendiri

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

10 comments

  1. Pingback: | » Tutorial Android : Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Move2SD Enabler | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung |

  2. Pingback: | » Tutorial Android : Cara Menonaktifkan / Disable Update Android Market | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung |

  3. wizhard Reply

    apakah cara initial visa di pke di xperia ray. ‎​TђƋήK••ƴ<3Ʋ••({})({}) for the info

  4. Pingback: Tutorial Android : Cara Menonaktifkan / Disable Update Android Market « KRISTINE-BERRY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *