Tutorial Android : Cara Menonaktifkan / Disable Update Android Market

“Dulu sebelum upgrade ke Gingerbread, download aplikasi via android market rasanya masih enak-enak saja. Tetapi setelah melakukan upgrade ke Gingerbread, kok terasa berat yaw ketika mengakses andoroid market…???”. Itulah pengalaman saya ber-Android ria selama ini. Setelah bertanya di berbagai forum android, ternyata hal yang serupa juga dialami oleh pengguna smartphone Android lainnya. Ternyata yang menjadi biang keroknya ialah update terbaru dari android market yang mengharuskan penggunanya menggunakan ‘koneksi cap dewa’ sekelas 3G, HSDPA atau Wi-Fi ketika akan mengakses atau men-download aplikasi dari sana. Pantas saja terasa lemotnya ketika saya akan mengakses android market dari rumah, karena di rumah si provider AX*S hanya ter-cover oleh sinyal EDGE.

Terus bagaimana donk solusinya..???“. Kita bisa lagi menggunakan android market versi 2.3.6 yang memang lebih ringan dengan cara menghapus update android market terbaru melalui menu Settings > Applications > Manage Applications > klik tab All > pilih Market > Uninstall Update. Tetapi setelah beberapa saat, maka akan kembali lagi ke versi android market yang terbaru ‘nan lemot tersebut :D. Nah…sekarang saya akan memberikan sedikit trik untuk menonaktifkannya secara permanen, cekidot gan.

1. Syarat utamanya, smartphone Android rekan-rekan harus sudah di root terlebih dahulu. Kalau belum di root, bisa baca tutorialnya disini.

2. Jika update market yang lama belum dihapus, silahkan di hapus terlebih dahulu dengan cara di atas.

3. Karena akan bermain sedikit dengan CLI alias Command Line Interface, kita membutuhkan Android Terminal Emulator yang bisa di download di market.

4. Setelah di download dan di install, jalankan aplikasi Android Terminal Emulator.

5. Jalankan perintah-perintah di bawah ini :

su
pm disable com.android.vending.updater

6. Tutup terminal, dan coba akses android market.

Sampai saat ini, market di smartphone Android saya tidak menerima update sama sekali. Jadinya tetap menggunakan market yang versi terdahulu, yaitu versi 2.3.6. Cukup dengan sinyal EDGE, sudah bisa mengakses dan men-download aplikasi dengan lumayan cepat daripada market yang terbaru. OK deh, semoga sedikit trik ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang lagi dibuat emosi oleh market versi terbaru karena lemotnya yang minta ampun :p.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

13 comments

  1. larosdroid Reply

    ea neh gan,,,,market yg baru jan minta ampun lemotnya dah……untung td pas googling nmu postingan ne…..jd sskalian ane langsung praktek n hailnya wuuuihhhh MANTAB gan…

    trims gan…..berkrya trus…

  2. cha Reply

    Om help me, ko ga bisa ya Om..

    $su
    permission denied
    $pm disable com.android.vending.updater
    pm : error 22

    ko hasilnya jd gini ya..

    • Gede Lumbung Post authorReply

      sudah di root belum hapenya???
      atau bisa juga menggunakan aplikasi Titanium Backup pro, pilih aplikasinya, akan ada pilihan freeze, pilih freeze…
      maka com.android.vending.updater akan dibekukan oleh sistem..

  3. parto Reply

    mas bro, termina emulator udah diaktifkan, tapi keyboard gak mau nongol, cra munculin keyboardnya gmn mas bro ?

  4. Bozbelle Reply

    Sudah pake Terminal Emulator dan status market update sudah : disabled.
    Tp setiap kali restart HP, pasti Market versi 3.x balik lagi. Sebenarnya setelah ketik: pm (spasi) disable, untuk ketik: com.android.vending.updater, tekan (spasi) atau enter?
    Saya ga nemu com.android.vending.updater di TB pro, jad ga bisa di freeze. Bisa bantu saya gan? Thanx.

  5. Bozbelle Reply

    BTW, sebelumnya waktu pakai froyo, saya sukses pake cara ini. Tp setelah upgrade ke rotijahe 2.3.6, ga berhasil2 🙁

  6. yudha Reply

    wh,nemu postingan yg membantu nh.
    y jg y gan,klo gke android market baru emg lemot,nh trus cara balikin android market terbaru gmn y misal ane uda terapin tips agan di atas?
    -makasih sbelumnya-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *