Tutorial Android : Cara Memindahkan Aplikasi ke Memory Card Dengan A2SD GUI Darktremor

Postingan saya kali ini masih seputar kegiatan ngoprek hape Galaxy Gio milik saya yang kini sudah menggunakan custom ROM CyanogenMod 7.1 RC. Tepatnya kemarin siang di warung pak giras, saya ngobrol dengan seorang sahabat (sebut saja namanya Ayus) yang akhirnya ngomongin masalah memori internal hape android milik saya yang kapasitasnya mulai penuh. Padahal saya sudah menggunakan Move2SD Enabler agar semua aplikasi berpindah ke SD Card. Akhirnya Ayus menyarankan saya untuk mencoba App2SD, dengan syarat SD Card harus dipartisi via CWM. Weleeehh, saya baru tau kalo CWM bisa digunakan untuk melakukan partisi, yang biasanya saya menggunakan Mini Partition Tool Wizard. Akhirnya saya nangkring di aula kampus untuk numpang download aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dan sangat-sangat berharap agar tidak ketemu dengan engkong. Ternyata oh ternyata, langkahnya memang panjang, lebih panjang dari cara install ROM CyanogenMod 7.1 RC kemarin. Berikut cara-caranya dan kembali seperti biasa, resiko ditanggung penumpang

1. Syarat pertama, CWM sudah harus di-install di hape android kita dan ini saya coba di hape Galaxy Gio dengan custom ROM CyanogenMod 7.1 RC. Cara install CWM ada di postingan saya yang sebelumnya.

2. Backup dulu file-file yang terdapat di SD Card. Akan lebih baik jika memory card di format ulang jika sebelumnya sudah ada partisinya dengan menggunakan Mini Partition Tool Wizard (via PC).

3. Masuk ke CWM Recovery (tekan tombol power+home) dan pilih advanced.

4. Disini saya menggunakan memori 2 GB. Pilih partition sd card, masukkan kapasitas untuk partisi yang berformat ext (saya memilih 512). Selanjutnya muncul pengaturan kapasitas swap (saya memilih 128). Tunggu hingga proses partisi selesai dan muncul pesan partition completed. Jadi tersisa ruang sekitar 1 GB untuk menyimpan file-file musik maupun gambar.

5. Masih di mode CWM Recovery, masuk ke mount & storage > format /sd-ext, partisi yang ini agar aplikasi a2sd darktremor dapat berjalan dengan mulus.

6. Download app2sd dan copy ke sd card (/sdcard). Setelah itu masuk ke mode CWM Recovery lagi, pilih mount & storage > mount system dan mount data. Kemudian pilih install from sd card > choose from sd card > dtapps2sd-2.7.5.3-beta04-signed.zip > Yes. Setelah itu pilih reboot now.

7. Gak usah kaget gara-gara hape android reboot selama 2 kali, karena ini wajar yang disebabkan oleh apps mengalami pemindahan ke partisi ext4.

Hehehe, lumayan panjang kan…??? Itu baru setengah perjalanan, sekarang kita lanjut untuk memindahkan dalvik cache. Tenang aja, udah gak pake CWM lagi kok :p.

1. Download a2sd gui Darktremor dari market dan buka aplikasinya.

2. Pada tab apps2sd, aktifkan ketika pilihan di bawah ini :

3. Pindah ke tab dalvik, pilih Dalvik Cache on SD-EXT dan pilih move (bukan move and rebuilt). Tunggu beberapa saat, aplikasi yang sudah terinstall akan berpindah ke partisi ext. Hape akan mengalami reboot.

4. Setelah hidup kembali, download aplikasi move2sd enabler dari market, fungsi dari aplikasi ini ialah untuk mengaktifkan tombole move to SDCard di pengaturan aplikasi. Untuk mengetahui cara penggunaannya, silahkan baca postingan saya tentang tutorial move2sd enabler.

5. Sekarang, coba masuk ke Setting > Applications > Manage Applications. Jreeeenggg, memori internal sudah sangat-sangat lega, dan gak perlu khawatir lagi untuk menginstall aplikasi dalam jumlah banyak. Saya sempatkan juga melakukan testing benchmark dengan Quadrant Benchmark, hasilnya lumayan lah 😀

OK deh, sekian dulu postingan saya untuk sesi oprek-mengoprek handset android kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang sedang dibuat bingung gara-gara mulai penuhnya memori internal hape android :).

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

21 comments

  1. Deni Reply

    Bro, mau nanya nih, HP ane Sam GaLMin yg msh pke OS bawa’anx ya Fruyo tp uda root. Kira2 klo pke cara diatas bisa brjlan gk bwt mndahin cache nya? apa hrus CusROM dulu? or ada solusi lain biar mem intrnl g pnuh.

    makasih atas infonya. semoga tuhan mmbalas kebaikan anda.
    ^_^

    • Gede Lumbung Post authorReply

      bukan masalah custom ROM nya brow, yg terpenting udsh terinstall cwm..
      setau ane di mode recovery froyo belum ada fitur utk install from zipcard, ini fungsinya untuk install cwm terlebih dahulu..
      kalo mau pake cara ini minimal pake gingerbread, ato froyo yg udah di custom…

  2. Komang Dyas Marvelous Reply

    perlu di root doloe ga bozz….???? alnya ane kasian ma hp ane msh garansi…thax.

    • Gede Lumbung Post authorReply

      gampang mas, tinggal di hapus partisinya, trus digabungin jadi satu lagi…
      coba cari tutorial saya yang tentang cara penggunaan mini tool partition wizard..

      • Dimas Reply

        gan klo udah di partisi lwt mini tools partision.. apa harus dipartisi ulang ? diformatdlu sd cardnya ?

  3. cloud Reply

    gan punya aku kuk ga bisa jalan ta a2sd nya padahal udah nuruti ptunjuk nya…tulisanya ini cloud not start for one of these reason
    1. your device is not rooted
    2. a2sd sscripts cloud not be found
    3. no ext partition found

  4. ScatzblitZ:Dewapertingo Reply

    [Q] Sebelumnya saya juga pernah memakai ‘AP2SD’ ini gan, akan tetapi, di saat saya menginstall file ‘.apk’ dari SDCARD, hh saya malah me-reboot framework dengan sendirinya gan, dan saya tidak bisa menginstall aplikasi lagi,(Saat saya memakai CYANMOBILE REVO A 20120521) ,Tetapi, apakah error itu karena Cusrom yang saya pakai ini, atau ada kesalahan lain ya gan., munkin agan/aganwati sekalian tahu masalah ini?

    Terimakasih

    • Gede Lumbung Post authorReply

      saya jg pernah ngalami yg kyk gtu, itu masalahnya partisi ext yg awalnya berformat ext4 berubah jadi partisi ext3…
      itu saya pas lg pake CM 7.2, gak tau yg cyanomobile…

  5. Dimas Reply

    gan cara di atas cocok g bwt galaxy young ?
    trs klo udh partisi lewat mini tools apa harus partisi lg lwt CWM ? di format dlu kah sd cardnya ?

  6. fatoni Reply

    Agan yg paling cakep..
    Masalah ane sama kek @cloud, pdhl ud root, partisi, instal app2sd..
    Pokoknya sama persis tutorial agan…
    Gimane coba…??

    • Gede Lumbung Post authorReply

      jangan lupa untuk mount system dan mount data ketika install scriptnya dari CWM, kalo gak gtu, scriptnya gak akan masuk k sistem

  7. zaqi Reply

    Sehabis instal a2sd knapa Wifi-nya kok jadi eror, gak bisa konek padahal sebelumnya aman-2 saja ..
    terima kasih

  8. ajay Reply

    mkash om share nyh…dh di cba berhsl…klo boleh tmbah cara gmna klo pke cara script amarulz…itu keren om…dh di praktekin keduanyh and brhasl…..skli lgi mksh om..

  9. tewur99 Reply

    maaf agan2 numpang ksi info aza..
    klo mo cra pndek pke custom rom cyanobile revo A / cyanmobile X aza..
    tu dh otomatis ke instal a2sd d dlmx..
    tinggal aktifin aza d setting-an developmentx..

    yg dh pke cyanmobile klo instal a2sd ato aplikasi lain dri google play..
    jlas error gan..
    ane skrg pke HH galmin GT-S5570, dan internal ane yang kecil ini kebantu +1Gb gra2 partisi Ext-4 ane d setting 1Gb, cara bikin partisix bs pake cara postingan d atas yg udh d jlasin ma agan master..
    =D
    skian..
    maju terus android indonesia..

  10. Saufy Reply

    Mas, saya udah mencoba seperti yang mas instruksikan diatas, namun pada samsung galaxy y saya terjadi bootloop, padahal beberapa kali pertama saya sangat senang karena memori telepon saya menjadi lega. kayaknya emang nggak cocok yamas dengan hp saya 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *