Tutorial Android : Cara Install Timescape Ala Sony Ericsson di Galaxy Gio

Akhirnya tanggal 9 januari datang juga, “Emang ada apaan…???”. Yupzzz, hari ini adalah batas akhir pengiriman makalah KNSI 2012 yang sudah diperbaiki, sekaligus batas akhir pendaftarannya. Makalahnya sudah saya kirimkan hari sabtu kemarin, tapi pendaftaran + pembayarannya baru saya lakukan tadi pagi. Padahal saya mempunyai rekening di BCA, harusnya sih bisa transfer antar bank via ATM di hari libur. Berhubung saya ini orangnya katrok + takut duit nyeleweng gak jelas (350 ribu lumayan cuy buat bekal hidup setengah bulan), saya putuskan untuk datang langsung ke bank saja. Dari tiga bank yang disediakan, saya putuskan untuk ke bank BNI+berharap teller-nya cakep. Sampai disana, saya dipersilakan untuk mengambil nomor antrian. Duduk di samping cewek yang lagi sibuk dengan hape Xperia Ray-nya. Sempat saya curi-curi pandang untuk melihat tampilannya dan ternyata masih standar banget. Sekilas widget Timescape-nya cukup membuat saya iri+ngiler untuk beli hape Xperia juga. Dan ternyata tidak perlu beli hape Xperia untuk mendapatkan widget Timescape yang ciamik, cukup dengan sedikit usaha dan tutorial agar widget Timescape bisa nangkring di homescreen hape Galaxy Gio milik rekan-rekan. Nah,,,pada tutorial kali ini (masih seputar android) saya akan menjelaskan sedikit cara memasang widget Timescape di Galaxy Gio. Dan ingat, resiko ditanggung penumpang. Cekidot gan…

1. Ini saya coba di Galaxy Gio yang menggunakan custom ROM CyanogenMod 7.1 RC dan syaratnya harus sudah terpasang CWM di hape rekan-rekan.

2. Download file-file’nya terlebih dahulu (thank’s to Galaxy Gio Comunity on Facebook, special thank’s to agan Geva Ardhany).

3. Setelah proses download selesai, extract file-nya. Maka akan terdapat dua buah file yaitu CM7_TimeScape.zip dan Xperia Active Launcher.apk.

4. Install file Xperia Active Launcher.apk.

5. Setelah itu, buka root explorer. Masuk ke /system dan edit file build.prop.

6. Cari baris berikut :

ro.product.manufacturer = Samsung

Ubah menjadi :

ro.product.manufacturer=Sony_Ericsson

Sentuh tombol enter, dan ketikkan config berikut (dibawah baris ro.product.manufacturer=Sony_Ericsson) :

ro.semc.timescape_key=Sony_Ericsson_Xperia

7. Copy file CM7_TimeScape.zip lalu masuk ke CWM recovery. Pilih install zip from sdcard > choose zip from sdcard > pilih CM7_TimeScape.zip > Yes. Pilih reboot now.

Masih terdapat bug pada widget Timescape ini, yaitu timescape-extension untuk Facebook dan Twitter mengalami force close. Jadinya yaw news feed maupun timeline twitter tidak bisa tampil, hanya inbox pesan yang tampil. OK deh, walaupun masih ada bug-nya yang penting widget Timescape sudah bisa nangkring di homescreen hape Galaxy Gio saya. Ditunggu komentar dan tambahan dari rekan-rekan yang berhasil menampilkan news feed Facebook dan timeline Twitter di widget Timescape-nya :D.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!


9 comments

  1. Muhammad Reply

    mas gede, ada contoh website untuk instansi pemerintahan tak mas??? klu ada upload donk mas, atau barang kali mas punya stok linknya, bagi2 donk mas, mkci

  2. Pingback: | » Tutorial Android : Cara Install Tema Xperia di Galaxy Gio (CyanogenMod) | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung |

  3. kori Reply

    mas kalau di jadiin widgetnya gimana ?
    soalnya w intall tapi ngak muncul di widgetnya !
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *