Tutorial Alpro : Implementasi Algoritma Untuk Membalik Sebuah Kata Dengan PHP

Akhirnya selesai juga upacara piodalan di pura leluhur keluarga saya. Senang rasanya bisa menghaturkan sembah bakti dalam bentuk ngayah ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, mengingat upcara piodalan ini datangnya setiap enam bulan sekali. Ditambah bisa berkumpul dengan keluarga besar Dukuh (nama keluarga besar saya), bersenda gurau dan bersilaturahmi yang sangat jarang bisa dilakukan mengingat kesibukan masing-masing yang memang super-duper sibuk. Disitu juga saya bertemu dengan adik sepupu, yang ternyata sekarang sudah nangkring di kelas 1 SMK. Kebetulan dia mengambil jurusan TI, bidang keahlian RPL. Dan dia sempat bertanya kepada saya tentang tugas algoritma yang diberikan oleh gurunya di sekolah, “Bli Gede, gimana sih implementasi algoritma untuk membalik sebuah kata…??? Misalnya kata ‘kasur’ yang kalau dibalik menjadi ‘rusak’.“. Hmm…Logikanya cukup sederhana, tinggal menghitung berapa jumlah huruf, membaginya menjadi 2, dan hasil baginya dijadikan batas perulangan ketika akan melakukan pemindahan huruf-huruf tersebut. Masih bingung??? OK deh, saya jelaskan sedikit implementasinya, karena saya sudah berjanji kepada adik saya tersebut akan memberikan contoh penerapannya ke dalam bahasa pemrograman.

Saya implementasikan dalam bahasa pemrograman PHP, karena adik saya diharuskan menuliskannya dengan bahasa C++. Sekalian ng’tes dia-nya, logika adik saya bagus atau gak :D. Tapi penerapannya hampir sama saja, kan bahasa pemrograman sebagai tool saja, selebihnya yaw pemahaman algoritma itu sendiri. Kira-kira gambarannya seperti di bawah ini :

Hasil implementasinya ke dalam syntax PHP, kira-kira seperti di bawah ini :

<form method="post" action="balik.php">
<input type="text" name="kata"><input type="submit" value="Balikkan">
</form>
<?php
	$kata = $_POST['kata'];
 	$panjang_kata = strlen($kata);
	for($i=0;$i<($panjang_kata-1)/2;$i++)
	{
		$tampung = $kata[$i];
		$kata[$i] = $kata[$panjang_kata-$i-1];
		$kata[$panjang_kata-$i-1] = $tampung;
	}
	echo $kata;
?>

Sedikit penjelasan dari barisan kode diatas :

1. Kata yang terikirmkan melalui form, dihitung dulu jumlah hurufnya dengan fungsi strlen().

2. Untuk melakukan pertukaran kata, disini kita menggunakan perulangan for(). Dimana di-ulang hingga (panjang_kata-1)/2. Kenapa -1…??? Karena array pada PHP indexnya dimulai dari 0.

3. Sekarang tinggal menerapkan alur dari gambar di atas, dimana variabel kata kita asumsikan sebagai array yang berisikan value berupa susunan huruf.

4. Dan terakhir, kita tampilkan hasil akhir prosesnya.

Gampang kan implementasinya…??? OK deh, semoga sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang kebetulan mempunyai tugas yang serupa dengan adik sepupu saya.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

Download Aplikasi

2 comments

  1. Pingback: Algoritma Untuk Membalik Sebuah Kata Dengan C# «

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *