Trik dan Tips : Cara Mengakses dan Menggunakan Aplikasi KRS Online

Musim KRS sudah dimulai di kampus saya. Kebetulan saya juga ikut bantu-bantu di kampus, tepatnya di ruang server untuk mengurusi nilai hasil konversi dan maintenance aplikasi KRS jika ada bug. Dimana kemarin malam, aplikasinya sangat berjalan lambat ketika membuka jadwal mata kuliah yang akan disajikan. Dan syukurnya tadi pagi, aplikasi bisa kembali berjalan normal dan lebih cepat ketika diakses. “Cuma itu aja toh…???”. Eitsss,,,tunggu dulu, masih ada kejutan dan kemudahan yang ada di aplikasi KRS yang baru ini. Aplikasi KRS yang sekarang bisa diakses darimanapun, dan benar-benar online. Kalau aplikasi yang dulu, masih hanya sebatas intranet saja. Yang artinya hanya bisa di buka melalui jaringan internet di kampus. Berikut cara mengakses dan menggunakannya :

1. Silahkan kunjungi intranet kampus yang berada di alamat, http://110.138.184.238. Akan muncul home screen intranet, dan klik link siakad. Atau bisa juga langsung mengakses aplikasi perwalian yang beralamat di http://110.138.184.238/perwalian.

2. Masukkan username dan password, username dan password merupakan NIM kalian masing-masing. Dan seperti biasa, setelah login silahkan melakukan perubahan password default agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Sama seperti aplikasi KRS yang terdahulu, silahkan klik link Kartu Rencana Studi dan akan muncul mata kuliah yang disajikan di semester ini. Karena tahun ini ada konversi dan penjurusan, maka akan muncul mata kuliah wajib dan mata kuliah jurusan. Silahkan dicentang dan dipilih sesuai keinginan rekan-rekan. Jika ada jadwal kuliah yang anda pilih bentrok, tak usah khawatir. Aplikasi ini akan memberi tahu anda secara otomatis melalui alert dialog box.

4. Setelah selesai, silahkan klik Simpan Data Kartu Rencana Studi. Gampang kan caranya.

5. Dan sekarang, biasanya yang paling susah ialah berurusan ke bagian administrasi =)). Silahkan menyelesaikan pembayaran ke bagian administrasi (lunas boleh, ngutang->tanya sama bagian keuangan dulu :-c ).

Sebenarnya masih ada beberapa bug yang nangkring di aplikasi perwalian ini, dan akan diusahakan untuk segera diperbaiki oleh teman-teman dari ITSolution. Dan nikmati kemudahan proses KRS via HP/mobile yang diusahakan ada di semester depan. Jadi bagi teman-teman yang tidak mempunyai laptop datau tidak memiliki koneksi internet, bisa menggunakan HP yang memiliki koneksi data/internet.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *