Tips & Trik : Google Chrome Extension Untuk Menampilkan RSS / Tulisan Terbaru Blog GedeLumbung.Com

ss-gce

Malam ini saya masih berkutat dengan beberapa pekerjaan yang masih menunggu dieksekusi. Keluar sebentar nangkring di McD untuk menghilangkan penat dan lelah bersama macbook kesayangan saya. Sekalian cuci mata liat cewek yang seliwar-seliwer pake celana hot pants :D. Kebetulan koneksi inetnya lancar, iseng-iseng deh saya membuat sebuah Google Chrome Extension App sederhana untuk menampilkan data tulisan terakhir di blog saya ini. Dulu saya penasaran dengan yang namanya Google Chrome Extension, gara-gara ada seorang yang saya kenal dari komunitas jejaring sosial Koprol (sekarang udah mati) yang membuat sebuah app Chrome Extension untuk menampilkan status update dari teman-teman yang ada di friendlist kita. Iseng juga saya bertanya kepada empunya mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk membuatnya. Dan jawaban yang saya terima adalah, “Cari aja di google, ada banyak tutorialnya…” (-_-). Semenjak kejadian itu, setiap kali saya mengalami kebuntuan dalam hal-hal teknis pemrograman, saya berpikir 1000 kali untuk bertanya kepada orang. Yaw jawabannya sangat mengecewakan, mungkin orangnya anti sosial kali yak :p.

Google Chrome Extension App yang saya buat ini masih sederhana, cuma menampilkan data dari RSS blog yang telah diparsing. Cara parsingnya, menggunakan tutorial yang sudah pernah saya tulis dulu, tentang Membuat News Ticker RSS. Monggo dilihat-lihat lagi di tutorial saya yang kemarin itu. Nah, hasil dari Google Chrome Extension App untuk menampilkan RSS blog (pakai blog saya sendiri :D) kira-kira seperti gambar di bawah ini :

Ini link download untuk Extension-nya, mungkin dengan extension ini rekan-rekan bisa lebih mudah untuk mengetahui tulisan di blog saya ini :D. Cara instalasinya mungkin berbeda dengan cara instalasi Chrome Extension App pada umumnya, karena saya belum punya account di google developer. Caranya ialah dengan meng-klik logo yang menunjukkan tulisan “Customize and control Chrome”, pilih Tool > Extensions. Drag & Drop file yang telah di download yaitu GedeLumbung.crx ke browser Chrome. Klik Add, maka Chrome Extension sudah terpasang pada browser Chrome kita. Jika tanpa membuka menu Tools > Extensions, maka file extension tidak dapat dipasang pada browser.

OK deh, sekian dulu tips & trik yang saya berikan pada postingan kali ini. Untuk cara membuat Chrome Extension nya akan saya bahas pada postingan berikutnya. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan pengunjung blog ini.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

2 comments

  1. Pingback: Tips & Trik : Tutorial Cara Membuat Google Chrome Extension Untuk Menampilkan RSS Blog | Ng`Blog Biar Gak GobloG – BlogNya Gede Lumbung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *