Tips & Trik Android : Cara Ganti BootAnimation di Galaxy Gio (Rooted)

Ujian Negara (baca UAS) sudah dimulai tadi pagi dan diawali dengan ujian mata kuliah citra yang benar-benar saya tidak pahami sama sekali. Hasilnya cukup. . . .  . . . . .mengecewakan :). Dilanjutkan dengan ujian mata kuliah desain jaringan yang dosennya cukup berbaik hati, dengan memberikan tugas UAS yang bisa dikerjakan di rumah dan tentunya bisa copas punya dikerjakan bareng teman. Terus terang saja, saya malas kalau UAS kayak gini harus nangkring+mondar-mandir di kampus. Alasannya yaw cuma satu, malas ketemu sama engkong dan kawan-kawannya. Engkong beserta kawan-kawan itu ibarat tokoh dementor di film harry potter, perasaan yang awalny bahagia bisa langsung jadi sedih kalo liat si engkong, paling parahnya yaw bikin esmosi. Maka dari itu saya akhirnya pulang saja, sekalian ingin mengoprek hape Gio kesayangan saya. Iseng-iseng deh saya mencoba untuk mengganti bootanimation si Gio dengan bootanimation yang lainnya. Bootanimation adalah animasi yang muncul selama proses booting ketika hape baru dihidupkan kembali. Nah, kali ini saya mau berbagi seikit trik sederhana untuk mengganti bootanimation di hape android. Seperti biasa, resiko ditanggung penumpang.

1. Syarat utamanya, hape sudah di-root. Karena kita akan me-replace bootanimation yang ada di sistem, otomatis dibutuhkan hak superuser. Disini saya mempraktekkannya pada Galaxy Gio dengan OS CM7.

2. Download contoh bootanimation, rekan-rekan bisa mencari bootanimation yang lainnya di Google atau menggunakan yang saya sediakan disini. Bootanimation milik motorola Razr ini saya dapatkan dari forum luar. Copy file bootanimation.zip ke sd-card.

3. Download dan install rootexplorer. Kalau rekan-rekan mencarinya di android market, pasti disuruh membayar. Silahkan dicari di 4shared dengan keyword rootexplorer :D.

4. Jalankan aplikasi rootexplorer, masuk ke direktori sd-card dan copy file bootanimation.zip. Setelah itu pindah ke direktori /system/media, dan paste file bootanimation.zip. Ini akan me-replace bootanimation default, jangan lupa untuk mengubah permisionsnya seperti gambar di bawah ini.

5. Reboot hape dan lihat perubahan bootanimation-nya.

Gampang kan caranya…??? Kalau bosan dengan tampilan bootanimation yang ini, bisa juga diganti dengan bootanimation yang lainnya dan bisa di-download secara cuma-cuma. Jika ingin cara yang sederhana tanpa perlu rootexplorer, bisa juga menggunakan aplikasi bootanimationchanger. Ouwww yaw,,,tutorial ini boleh disebarkan lho tanpa perlu minta ijin ke saya, namanya juga sebuah ilmu, ilmu itu ibarat air, air itu adalah sumber daya alam, siapa saja boleh memanfaatkannya. Sekalian juga, saya ikut mendukung penolakan SOPA dan PIPA yang lagi gunjang-ganjing di seluruh belahan dunia. OK deh, sekian dulu postingan saya kali ini tentang tips & trik android, semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

10 comments

  1. sinyo Reply

    halo mas gede… salam kenal…
    mas boleh request tutorial codeigniter tentang cara menulis ke file xml… untuk keperluan seperti flash website… tolong mas.. sory commentnya gak nyambung…:D

  2. mare Reply

    hallo,aku pake gio gb 2.3.4..pgn upgrade ke cm7.mau berbagi gak? hhhe..blh minta tutornya? klo blh tau jg kelebihannya apa?

  3. dhenny Reply

    gan…
    kok gak ada di 4shared rootexplorer.ya…
    kata.nya file tidak di temukan untuk rootexplorer…
    terus gmana gan???
    makasih sebelum.nya..

  4. dhenny Reply

    ga bisa di copy gan file.nya…
    cannot terus..
    bingung jadi.nya gan..
    minta solusi ya..

    • Gede Lumbung Post authorReply

      coba install applanet, itu kyk android market…
      yg berbayar jadi free, root explorer ada kok dsana…

      kalo gak bisa di paste, coba klik tombol mount r/w agar berubah jadi r/o pas ada di folder /system/media

  5. dhenny Reply

    gan..
    tetep gak bisa..
    ada peringatan.nya..
    kata.nya, galat root.nya di tolak soal.nya belum di beli..
    gmana gan ???

  6. imam Reply

    gan, udh ane coba kok gak bsa ya? padahal ane udh ikutin tutornya.. mohon percerahannya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *