Tips & Trik : 8 Pertanyaan “Maknyus” Untuk Menyusun Fondasi Skripsi Yang Baik

skripsi-informatika

Akhirnya masuk juga ke tahun 2013, yaw walaupun sudah lewat setengah bulan sih :p. Semoga di tahun ini, apa yang saya dan rekan-rekan pengunjung blog cita-citakan bisa tercapai dengan maksimal. Kebetulan target saya tahun ini ialah ingin cepat-cepat lulus. Ingin kembali ke dunia luar, tanpa beban berbagai tugas kuliah :). Selain itu agar lebih leluasa untuk menyikat semua pekerjaan yang kadang sering terhalangi oleh tugas kuliah. Sekarang saya lagi ngebut untuk menyelesaikan skripsi yang sudah mangkrak beberapa bulan, terhitung semenjak usai seminar proposal. Pekerjaan terpaksa harus dilibur dulu. Dan syukurnya, saya diberikan kemudahan dalam pengerjaan skripsi. Baik itu dalam implementasi teknis maupun penulisan laporannya. Mulai dari pembuatan proposal, coding, sampai yang terakhir ialah laporannya yang saya yakin pasti mahasiswa dimanapun malas untuk berurusan sama urusan tulis menulis laporan skripsi :p.

Kamis siang akhirnya saya mengikuti sidang skripsi, dengan waktu yang benar-benar mepet. Hari selasa saya baru mengumpulkan revisi proposal+berita acara+nyari pembimbing kedua, yang sejatinya sudah telat banget :p. Rabu saya daftar untuk mengikuti sidang dan saya juga baru tau, kalau sidangnya adalah esok harinya alias kamis siang kemarin, hahaha… Suasana sidang aman terkendali, hampir sama ketika dulu saat saya seminar proposal. Nah, ngomong-ngomong soal skripsi maupun tugas akhir, saya ingin berbagi sedikit tentang kiat-kiat menyusun proposal skripsi/tugas akhir yang baik menurut saya ūüėÄ dan memang sudah terbukti maknyuuusss. Fondasi dari skripsi/tugas akhir sebenarnya ada di proposalnya, itu sih yang sudah saya rasakan. Ketika akan mengambil suatu tema skripsi/tugas akhir, ada 8 pertanyaan yang harus kita jawab, yang dimana jawabannya nanti akan menjadi jalan untuk kita menyusun proposal jadinya. 8 pertanyaan ini saya dapatkan dari pak Eko Heri Susanto selaku dosen pembimbing skripsi saya. Berikut 8 pertanyaan “maknyus” untuk menyusun fondasi skripsi yang baik :

1. What is the tentative title of the research? –¬†Apa judul tentative (sementara)¬†penelitian anda ?

Di pertanyaan pertama ini, kita tentunya harus sudah memiliki sebuah judul/topik penelitian sementara, yaw walaupun masih kasar alias masih perlu menerawang lebih jauh lagi :p. Setidaknya ada beberapa judul yang cocok dalam artian masih mengacu ke tema inti.

Contohnya :

PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENEMUKAN RUTE TERPENDEK DAERAH WISATA DI KABUPATEN BANYUWANGI PADA LOCATION BASED SERVICE DI PLATFORM ANDROID

2. What is the purpose of the research?  РApa tujuan dari penelitian anda ?

Pada pertanyaan yang kedua, tentukan tujuan dari penelitian skripsi/tugas akhir yang judulnya sudah kita jabarkan pada pertanyaan pertama. Setiap penelitian pasti mempunyai tujuan, dimana ini juga akan dituliskan pada BAB 1 proposal skripsi/tugas akhir.

Contohnya :

  • Mencari jalur terpendek ke tempat-tempat wisata di kabupaten Banyuwangi
  • Mengoptimalkan¬†waktu komputasi pencarian
  • Wisatawan dapat mengunjungi beberapa daerah wisata sekaligus dengan waktu yang seoptimal mungkin dalam 1 hari.

3. What is the research question? РApa permasalahan yang akan anda ajukan dalam penelitian tersebut ?

Setiap penelitian dari skripsi/tugas akhir, pasti ada permasalahan yang ingin diajukan untuk diteliti. Nantinya, pertanyaan ketiga ini akan menjadi rumusan masalah dan batasan masalah yang terdapat pada BAB 1.

Contohnya :

  • Pencarian rute terpendek ke berbagai titik lokasi wisata
  • Optimaliasi waktu komputasi pencarian dengan melakukan tes benchmark sebanyak 10 kali percobaan

4. Describe how this research advances our knowledge beyond what has been done (need to show the knowledge of current literature). What is the contribution? РJelaskan bagaimana kontribusi (pengembangan) penelitian anda dibandingkan dengan penelitian-penelitian yang sudah ada? sertakan beberapa literatur pendukungnya . Apa kontribusi penelitian anda?

Biasanya, skripsi S1 itu hanya sekedar implementasi dari sebuah metode. Dan entah kenapa (mungkin gara-gara banyak yang skripsinya sama :p), tiba-tiba bobok skripsi jadi tambah berat, bukan hanya sekedar implementasi, tapi juga kontribusi yang dihasilkan apa. Dengan kata lain, pertanyaan yang keempat ini akan menjadi sub bab tentang manfaat penelitian yang akan dilakukan.

Contohnya :

  • Tersedianya aplikasi LBS (Location Based Service) untuk menentukan rute terpendek titik lokasi wisata terdekat di kabupaten Banyuwangi pada platform android
  • Mengukur waktu komputasi, untuk menghasilkan waktu komputasi yang maksimal dari proses pencarian jalur terpendek dengan algoritma dijkstra pada aplikasi LBS yang diteliti

5. What are the implications of the research for practitioners?  РApa implikasi penelitian anda bagi praktisi?

Di pertanyaan ke-5, yaw itu implikasi terhadap praktisi atau pengguna. Hampir sama dengan pertanyaan di nomor 4, hanya saja yang ini lebih spesifik untuk pengguna yang umum. Artinya kemanfaatan penelitian ini untuk pengguna, contohnya ialah tersedianya aplikasi LBS. Sehingga pengguna yang ingin mengunjungi lokasi wisata, dapat dipermudah dengan aplikasi LBS yang diteliti ini.

6. What are the implications of the research for scholars? РApa implikasi penelitian anda dalam keilmuan strata 1?

Yang pertanyaan ini juga sama dengan pertanyaan ke-5, tetapi implikasinya untuk keilmuan strata 1 alias keilmuan untuk S1 atau sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.

7. What research streams will you look at to examine your question? РApa saja alur penelitian untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang anda diajukan?

Kita beranjak ke BAB 3, yang merupakan metode penelitian. Pada pertanyaan ke-7 ini, kita akan menjabarkan alur penelitian, yang digunakan untuk mencapai tujuan dan manfaat yang sudah dituliskan di atas. Biasanya alur penelitian meliputi observasi, pengumpulan data, implementasi, dan yang lainnya.

Contohnya :

  • Penelitian bersifat simulatif, diambil sebanyak 10 titik lokasi wisata yang berbeda serta mencari koordinatnya (longitude & latitude). Yang kemudian jaraknya dihitung secara otomatis melalui aplikasi
  • Memetakan ke dalam tabel, jarak yang telah didapat. Dengan menggunakan permodelan graf 1 arah.
  • Implementasi aplikasi
  • Uji Coba
  • Menarik kesimpulan dan saran

8. What is the proposed method to examine the research question? РApa metode yang anda ajukan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian anda?

Setiap penelitian untuk skripsi/tugas akhir, pasti ada metode yang diajukan untuk menyelesaikan permasalahan. Misalnya pada contoh di atas, permasalahan yang diangkat ialah mencari rute terpendek dengan menggunakan algoritma dijkstra. Jadi metode yang digunakan ialah algoritma djikstra beserta algoritma-algoritma pendukung lainnya. Dan pertanyaan ke-8 ini akan menjadi pembahasan pada BAB 3.

Contohnya :

  • Algoritma Greedy
  • Algoritma Dijkstra
  • Permodelan Graf

Nah, kira-kira begitulah 8 pertanyaan yang kemrin saya terapkan untuk menyelesaikan skripsi yang saya kerjakan. Dan ternyata memang ampuh ketika akan menyusun proposal skripsi, karena dari 8 pertanyaan tersebut akan menghasilkan sebuah fondasi skripsi/tugas akhir yang baik (sudah teruji buat ane :p). OK deh, sekian dlu postingan saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang sedang dalam masa bertempur dengan yang namanya skripsi/tugas akhir.

11 comments

  1. Joe Reply

    Thanks Bli, it’s supported.
    Moga bisa buat bekal kite2 pada. Salam sukses ajaaahhh….

  2. ferdi Reply

    bang bisa bntu ajarin dijkstra juga ga >>?
    skripsi ane juga bawa masalah itu gan ?

  3. bejo Reply

    selamat mas gede,,, udah sarjana dong… mas gede programmer paling maknyus…

    bisa design dan coding… canggih deh..

  4. Pingback: Tips Trik Pondasi Skripsi dari Gedelumbung | Skripsi

  5. ceplez Reply

    moga bisa bantu saya ngejar kululusan d semester depan. thank you bli…

  6. OD Reply

    thanks ilmunya broo, ane jadi makin semangat ngerjain skripsinya, sukses buat kita gan !! haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *