Fork me on GitHub
 Like...


19 Sep
2011
KATEGORI : TIPS & TRIK - Dibaca : 13564 kali
Ditulis oleh :    Ada 16 Komentar Seru

Tips dan Trik : Cara Partisi Memory Card Dengan Mini Tool Partition Wizard

Partisi pada harddisk itu udah biasa, kalau partisi pada memory card mungkin hal yang baru kita dengar. Yupss..sama seperti saya, dimana saya baru tahu kalau memory card bisa dipartisi layaknya harddisk kebanyakan. Itupun saya tahu ketika akan menginstall aplikasi link2sd di smartphone Android saya. Dimana memory card saya diharuskan di pisah menjadi 2 partisi, masing-masing dengan jenis FAT32. Setelah keliling kesana-kemari, akhirnya saya menemukan sebuah software kecil namun powerfull untuk melakukan partisi harddisk dan memory card. Namanya Mini Partition Tool Wizard, dan gratis digunakan untuk kalangan individu. Software’nya bisa di download di Mini Tool Partition Wizard. Cara pengunaannya juga gampang banget, tinggal ngKlik aja. Berikut cara penggunaannya :

1. Download dan instal dulu software Mini Tool Partition Wizard yang Home Edition.

2. Untuk partisi memory card ini, saya sarankan untuk menggunakan card reader. Jangan langsung menancapkan hape yang terhubung dengan kabel USB ke komputer secara langsung. Setelah selesai diinstal, jalankan software tersebut.  Akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

3. Terdapat partisi harddisk yang ada di komputer rekan-rekan dan memory card yang belum dipartisi. Hapus terlebih dahulu memory card tersebut hingga menjadi unlocatted.

4. Sekarang kita akan membuat partisi yang pertama. Klik kanan pada drive memory card yang telah menjadi unlocatted tadi, pilih Create.

5. Atur ukuran/size partisi yang akan kita bagi, File System’dipilih FAT32 dengan tipe Primary.

6. Setelah di klik OK, akan muncul 2 partisi. Lakukan hal yang sama seperti langkah nomor 5 pada partisi yang masih berstatuskan unlocated.

7. Setelah semua dipartisi, jangan lupa untuk meng’klik tombol Apply yang terdapat di bagian sebelah kiri atas.

Gampangkan caranya…??? Semoga sedikit tips dan trik ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang sedang kebingungan mencari tool untuk membagi partisi pada memory card.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

Tentang Gede Lumbung
Seorang anak SMK yang gak keren, bocah ingusan & kutu kupret yang haus pengen terus belajar segala hal yang baru, makhluk aneh yang tertarik dengan gemerlap dunia Informatika dan Open Source. Pokoknya gak ada yang keren dari bocah lulusan SMK ini.

16 Komentar Seru

  • denger partisi jadi inget istilah di kuliah saya di Kimia juga.. ada kata partisinya..

  • CTRL + D dulu ahhhh

  • saya mau tanya bagaimana cara nya mengembalikan hard disk memory card yang telah di partisi seperti semula, seperti memory card yang baru dibeli, belum di partisi, karena kemarin saya coba 2 partisi memori ke galaxy mini sebesar 500 mb, ketika memorycardnya di masukkan ke hp memang berkurang 500 mb, memory saya 8 GB, jd itungan nya 6,9GB yg terbaca,stelah itu saya masukkan lagi ke pc, pc minta memory harus di format, setelah di format, di hp terbaca hanya tersedia 500mb, jd kasusnya adalah, hp saya belum di rooting utk memperbesar memory internal melalui aplikasi link to sd,jd saya ingin mengembalikan jumlah memory nya secara utuh 8gb seperti semula tanpa ada partisi lagi, tolong kasih tau cara nya lah, terima kasih

    • biasanya sih kalau saya mau mengembalikannya jadi satu, saya hapus semua partisinya dulu, setelah itu akan menjadi satu lagi dengan tipe unlocated…
      tinggal pilih create, utk menyatukannya lagi…
      biasanya sih gtu caranya… :D

  • [...] 2. Backup dulu file-file yang terdapat di SD Card. Akan lebih baik jika memory card di format ulang jika sebelumnya sudah ada partisinya dengan menggunakan Mini Partition Tool Wizard (via PC). [...]

  • gio saya sudah root jg sdh instal link2sd saya pake pindah aplikasi internal ke sd card lancar lancar saja walaupun tdk ada perintah mesti di partisi sebaiknya gimana ya? mohon pencerahannya.

  • mau nanya gan :D

    ane kan mau partisi sd card tapi ko gak bisa ya?
    ane pake software “minitool partition wizard”
    yang pertama bisa di jadiin fat32, tapi yang ke dua gak bisa gan dijadiin fat32…
    ada notifikasi kyk http://photoserver.ws/images/19h54f487901e9df9.jpg
    terus setelah apply yang kedetect di PC cmn 1 duank first partition :(

    ada yang ngalamin kayak ane gak?
    help me :(
    mungkin kmren gak bisa instal realfotball sama fifa 10 gara2 data bukan di sdcard
    tapi masih di memory internal :mewek

  • mau tanya gan, ni ane punya mmc 2 gb, terus beli yg 8 gb, ane partisi n cara memasukkan semua data yg di mmc 2 gb ke 8 gb gmn? itu sudah terisi instalan game n aplikasi android.

  • gan we mau y tanya,,,,aku paki ace,,,dah berhasil partisi tpi cm 2 partisi aja,,,,,permasalahanya,,,,kenapa waktu kumasukan mmoeri di hape ,hape aku jadi susah hidup,,,nunggu 1 jam bru mau hidup,,,,,gini gan hape aku restat trus gan,,,apa yang salah,,,awal awal ok tpi sekarang kok jdi gtu,,,,,,,,plis bantuin,,,,
    kalu di partisi lagi bsa gak,,,,

    • kalo gtu coba partisi pake CWM aja gan, lebih enak partisi pake CWM…

  • Bang! kq ga bisa keliatan partisi 1nya, cuma 1 partisi doank untuk mmc di pc,
    gimana caranya buat terlihat kedua” nya??

  • Tolong di bantu cara mengembalikan SD Card yang sudah di partisi dengan menggunakan Mini Partition Tool Wizard,tks

  • bedanya partisi 1 sama partisi 2 apa sih?
    klo dah di pasang di hape, yg di pke buat memori internal yg partisi 1 atau partisi 2?

  • mmc saya udah d partisi trus brp bulan kemudian saya coba mindahin ke device laen stlah itu sya msuk i lg ke device saya tp mmc nya gak kebaca sama se x dan bbrp aplikasi yg sudah saya pindahin k partisi hampir rata-rata kalo d buka dy force close.
    klo dimasuki k pc juga gak ngebaca .
    saya da coba reboot beberapa x hasil nya gak bisa. bahkan gbr d galeri gak kebuka di katakan mmc tidak terdeteksi.
    mohon bantuan nya..

    terima kasih..

  • kenapa kok tdk ada partisi kedua setelah saya lakukan langkah ke 5?

  • Gan tolong bantu dong
    kan SD Card sdh dipartisi dan berhasil tapi setelahitu langsung gk kebaca di pc dan hp
    jd hrs gmn Gan
    Mhn pencerahannya
    Terimakasih

Ayoookkk di-komen brow...