Referensi CMS : Website Sekolah “Instan” Dengan Menggunakan CMS Balitbang

Beberapa hari yang lalu, sempat ada yang menanyakan tentang sebuah contoh website sekolah kepada saya melalui blog ini. Kebetulan juga, saya mempunyai sebuah contohnya yang dulu pernah saya buat dengan framework CodeIgniter. Dan pada postingan sebelumnya sudah saya bagikan source kodenya, semoga bisa dipelajari dan dikembangkan lagi ke arah yang lebih baik. Nah, tepatnya 1 minggu yang lalu saya mendapatkan sebuah pekerjaan serupa untuk membuat website sekolah dalam waktu 3 hari. Sempat kelimpungan juga karena hanya diberikan batas waktu sedikit. Akhirnya saya disarankan untuk menggunakan CMS Balitbang. “Apaan tuh CMS Balitbang…???”. CMS Balitbang adalah sebuah CMS yang dibuat oleh kemenristek RI yang memang dikhususkan untuk pembuatan sistem informasi berbasis website untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Saya juga baru tau, kalau ada CMS seperti ini. Kebanyakan website sekolah-sekolah saat ini dibangun dengan CMS Joomla, Drupal atau Mambo.

Setelah berkunjung ke webiste resminya dan mendownload CMS’nya yang beralamat di http://kajianwebsite.org, ternyata lumayan lengkap juga modul-modul yang ditawarkan. Seperti modul data siswa, data guru, sampai forum untuk komunitas alumi pun ada. Dan yang lebih menarik lagi, forumnya mirip dengan jejaring sosial Facebook. Desain tampilannya mengadopsi konsep template, yang desainnya bisa dibuat dengan software Artister, hampir sama seperti membuat desain blog untuk blogspot. Yang sering ngoprek template blogspot, pasti sangat familiar dengan cara-caranya tersebut.

Dari sisi teknik pemrograman, masih belum menggunakan konsep OOP. Suatu keuntungan untuk rekan-rekan yang masih belum menguasai OOP. Mungkin tujuannya dibuat seperti itu, agar semua orang bisa memodifikasi dan menggunakannya tanpa harus memiliki skill pemrograman yang mumpuni alias advance. Lumayan mudah juga untuk membuat modul-modul yang ingin kita tambahkan di CMS ini. Walaupun awalnya memang pusing memahami alur aplikasinya dan mencari file-file yang digunakan.

Nah itu sedikit refrensi dan pengalaman yang saya dapatkan ketika mencoba CMS buatan dalam negeri ini. Sebenarnya ini hanya refrensi CMS website sekolah yang hampir siap pakai. Digunakan sesuai kebutuhan, misalnya jika dibutuhkan cepat, tinggal pakai CMS ini saja. Namun jika masih ada waktu, kita bisa membuat website sekolah sendiri yang kemarin sudah sempat saya bagikan contoh source code‘nya. Semoga sedikit refrensi ini, bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang kebetulan sedang ingin membuat sistem informasi sekolah berbasis website.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

Narsis : Dapat Headset SENNHEISER HD 202-II Gratis Dari Bhineka.Com

Posted by Gede Lumbung | Posted in CURHAT, DAILY ACTIVITIES, KAMPUS KU, SERBA-SERBI | Posted on 11-10-2011-05-2008

 

0

Kuliah hari kedua, dimulai dengan mata ngantuk + terlambat masuk kuliah. Maklum saja, saya baru tidur jam 5 pagi. Sampai di parkiran kampus, langsung ketemu sama ‘Engkong’ yang tiba-tiba bersikap baik kepada saya. Entah mimpi apa tuh si ‘Engkong’ tadi malam (mimpi basah kali yee). Baru masuk kelas, echh…ternyata dosennya diganti. Cari tempat duduk paling belakang, kan malu kalo harus duduk di depan (ngeles). Aslinya saya masih ngantuk, mau dengarin dosen yang lagi jelasin kontrak perkuliahan juga gak bakal bisa konsen. Jadilah saya ‘mengulik-ngulik’ hape Android kesayangan yang selalu setia menemani saya hampir satu bulan ini. Pas lagi asik-asiknya browsing, tiba-tiba ada sms masuk yang isinya sebagai berikut :

“Pak, paketnya sudah datang. Sekarang paketnya ada di kantor tiki pak.”

Kontan saja mata saya yang awalnya masih 5 watt, langsung melek setelah membaca sms tersebut. Ternyata hadiah dari Bhineka hasil menang “Write Your Experiance” sudah sampai. Yupzz,,hari rabu kemarin saya menerima email dari seorang sales bhineka, yang menginformasikan bahwa saya terpilih sebagai salah satu pemenang “Write Your Experience”. Gak nyangka juga bisa masuk jadi pemenang, padahal saya cuma iseng-iseng nulis sedikit review (lebih tepatnya sih curhat) tentang hape Samsung Galaxy Gio yang saya beli di Bhineka 1 bulan yang lalu. Hadiahnya gak sekedar hadiah lho, saya mendapat sebuah headset dengan merk Senssheiser yang pas dicoba memang benar-benar MANTAP. Awalnya sih saya kira hanya headset biasa, palingan juga sama dengan headset yang saya miliki di rumah. Setelah mengecek barangnya di katalog produk milik Bhineka, headset dengan seri Sennheiser 202-II ini ternyata dibandrol seharga 300 ribu. Ajeeegilee….kalau sudah mahal kayak gini, biasanya kualitas barangnya memang bagus. Setelah membaca spesifikasi dan beberapa review dari konsumen yang pernah membeli, headset ini memang mempunyai kualitas yang OKE punya.

Perkiraan saya pun memang tidak salah. Setelah headset ini saya keluarkan dari dus dan saya coba dengan menggunakan Si Gio, dua jempol deh untuk headset ini. Suara Bass’nya nendang, Treeble’nya jernih dan bening (sebening Ayu Ting-Ting ) dengan sensistivity sebesar 115 db. EarCup’nya pas sekali di telinga, jadinya sangat kedap suara dan serasa berada di dalam studio musik. Baru di set pada volume rendah saja suaranya sudah sangat gurih, dan ketika dinaikkan sedikit volumenya ditambah memainkan musik-musik DJ, maka rekan-rekan akan serasa seperti di diskotik :D . Dari sisi desain, memang terlihat sangat stylish. Kabelnya juga panjang, 6,3 meter coy. Maka dari itu, telah disediakan sebuah penggulung kabelnya. Terdapat juga sebuah jack 6,3 adapter plug.

14 comments

  1. SaGa Reply

    hem…kemaren2 masih ada sedikit celah gan pada CMS ini…..
    celahnya, bisa upload tanpa harus login….

    😀

  2. arman Reply

    wah mantap gan Ilmu kl disimpan juga bakalan ga bermamfaat, ane mau berguru nie…!!! thanks info nya

  3. ricky Reply

    mas, saya minta dong source kode website sekolahnya yang lengkap ya!! moga makin sukses aja…

  4. saru Reply

    keren neh bli gede artikelnya, oya kira kira ngopreknya sulit ga si cms ini?

  5. saru Reply

    keren neh bli gede artikelnya, oya kira kira ngopreknya sulit ga si cms ini? sukses bli gede

  6. Edi Alpino Reply

    mas GEDE udah ngak bisa d akses lagi CMS Balitbang nya..? kalau mas gede ada filenya aploudkan dong..?

  7. afy Reply

    mas GEDE udah ngak bisa d akses lagi CMS Balitbang nya..? kalau mas gede ada filenya aploudkan dong! sya tunggu untuk jadikan referensi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *