Pemrograman Web VS Web Instan

web instan vs pemrograman webWaduh, lama nie gue gak posting. Abisnya sibuk banget nyelesain project web kelas gue. Nah, kali ini gue mau posting tentang pemrograman web vs web instan, setelah sempet baca di blognya mas bimo, dan mengutip sedikit 😀 . Pertanyaannya, masih perlukah kita mempelajari pemrograman web, sedangkan saat ini sudah bertebaran puluhan bahkan ratusan web instan semacam wordpress, joomla, mambo dan kawan-kawannya yang mudah untuk dimodifikasi??? Dengan menggunakan web instan semacam diatas, orang tak perlu mempelajari pemrograman web yang memang terbilang cukup rumit. Example, WordPress dengan segala kemudahannya dan sifatnya yang open source menawarkan web siap saji (emang makanan) beserta berbagai plug-in yang menarik. Yupz, dengan berbekal berbagai plug-in yang dapat didownload dan dimodifkasi web instan tersebut dapat dengan mudah disulap menjadi web portal, e-commerce, dan lainnya. Dengan berbekal theme standar, dan banyak theme yang dapoat di download dengan mudah melalui internet. Mau theme yang simple, girly, elegan, de el el semuanya ada. Bakal bikin kita ngiler (awas netes :D).

Bukan karena gue yang emank menekuni dunia programing web, lantas merasa iri dengan rekan-rekan yang menggunakan web instan tersebut. Tapi gue pengen ngasik penjelasan sedikit tentang kelemahan web instan tersebut. Jika kita sebagai pemula, yang hendak membuat web dengan web instan tersebut dan menginginkan tampilan yang lain daripada yang lain, kita harus mengedit script theme. Nah,,disinilah masalahnya. Bagi newbie yang baru berkecimpung di dunia programing web dan masih buta akan coding php maupun css, ini adalah momok yang sering dijumpai. Sama seperti temen kuliah gue, Ayus yang niat bikin web pribadi kesulitan untuk mengedit script php beserta css nya (sebenernya gue juga gak bisa sih :p). Gue gak bisa bantuin, Coz `n karena script yang diminta emank susah `n di luar kemampuan gue. Tapi, untuk blog gue yang satu ini theme nya gue edit + hasil permak`an sendiri lho. Dari itulah gue berpikir, bahwa pemrograman web itu penting juga. Karena dengan sedikit pengetahuan tentang pemrograman web, kita bisa melakukan sedikit bahkan full modifikasi terhadap web instan yang ada. Contohnya kayak blog gue ini (promosi mode : on :D).

Jadi gak ada salahnya kita belajar pemrograman web, setelah itu bisa dilanjutkan dengan mencoba untuk mengedit theme-theme wordpress. Selain gak bikin kelimpungan juga sebagai bekal untuk mencari pekerjaan nantinya. Jika dibutuhkan kualifikasi untuk penguasaan terhadap pemrograman web. Gak bermaksud untuk mencela rekan-rekan yang sudah terbiasa untuk menggunakan web instan lho, tapi hanya sekedar untuk sharing aja. Okey deh, Keep Coding and Happy Blogging.

3 comments

  1. husnixs Reply

    web vs web instant, ada kelebihannya masing2.
    kalau web instant untuk pemula is oke. tapi bagi yang ingin belajar dan membuat web sendiri dari hasil coding tentu web programming pilihannya. hasil sendiri lebih puas ketimbang dari hal yang instant.
    dan juga kalau ingin membuat aplikasi dari web tentu skill coding sangat di butuhkan.
    CMIIW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *