Opini : “Apa Sih Manfaat dan Untungnya Ng’Blog…????”

Haahh, ng’Blog..??? Emang manfaat dan untungnya apa sih…???“. Itulah yang sering saya dengar dari orang-orang yang saya temui ketika saya mulai aktif terjun dalam aktivitas tulis-menulis di dunia maya ini. Mulai dari saudara, teman lama, teman kampus, teman baru kenal dan yang lainnya pasti sempat saja melontarkan pertanyaan serupa. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan kalau ng’Blog cuma buang-buang waktu saja, dan itu identik dengan aktivitas seorang pengangguran. Kalau untuk blogger paruh waktu seperti saya sih masih bisa terima diberi pernyataan seperti itu, tapi lain halnya dengan blogger full time yang pekerjaannya memang mengoptimalisasikan blog mereka untuk mendulang duit setiap harinya, yang kemungkinan bisa ngamuk kalau mendengar pernyataan seperti itu :D.

ng’Blog itu hobi, yang kalau dijalankan akan membuat pelakunya senang. Begitu juga yang saya rasakan, ketika menjalani hobi yang sudah saya geluti hampir 1,5 tahun ini. Yang dulu awalnya hanya iseng-iseng saja, lantaran ada satu mata kuliah yang tugas akhirnya diharuskan untuk membuat blog menggunakan WordPress. Berhubung kalau ikut numpang hostingan di WordPress tidak bisa menggunakan theme yang kita buat sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan hosting sendiri, tapi masih gratisan :p. Berbekal sedikit pengetahuan tentang CSS, akhirnya jadilah sebuah theme blog pertama saya ketika itu. Setelah berakhirnya mata kuliah tersebut, saya malah menjadi lebih tertarik untuk ng’Blog. Lantaran merasa malu melihat seorang PNS biasa mempunyai blog yang dirawat/update secara berkala. Saya pun berpikir, “Saya mahasiswa teknik informatika yang berkompeten di dunia informatika kok malah gak punya blog, PNS aja punya tuh.“. Mulai saat itu saya berkomitmen untuk membuat dan merawat blog yang saya miliki, walau masih menggunakan hosting dan domain gratisan. Dan syukurnya sampai saat ini saya sudah banyak mendapatkan manfaat dari ng’Blog. Nah, di bawah ini akan saya bagikan sedikit beberapa manfaat dan keuntungan ng’Blog (versi saya) :

1. Numpang Keren + Beken
Ini nih yang pasti akan kita dapatkan ketika mempunyai blog dan aktif ng’Blog, apalagi blog kita sudah memakai hosting dan domain berbayar terutama domain yang [dot]com. Hal itulah yang saya rasakan, terutama ketika saya bertemu dengan anggota komunitas yang ‘sok’ beberapa mingu kemarin. Dimana pada saat itu saya merasa diremehkan dan ketika ditanyakan tentang alamat Facebook, saya berikan saja alamat blog saya ini. Lumayan lah, lebih keliatan berkelas daripada tiap ngnet bisanya cuma nangkringin Facebook =)). Begitu juga di kampus, apalagi di kampus saya bisa dihitung dengan jari yang mempunyai hobi seperti saya ini. Kalau misalnya ada materi kuliah, tutorial, atau berita hangat seputar kampus tinggal saya pasang saja di blog + jangan lupa kita bagikan ke Facebook (yang ini wajib). Dan lumayan, rating blog jadi naik karena banyak yang mengunjungi, nama saya juga jadi terkenal (#haha).

2. Belajar Gombal + Merangkai Kata Dengan Baik
Terus terang, semenjak ng’Blog kosakata saya menjadi bertambah. Maka dari itu, bulan-bulan kemarin saya jadi lihai dalam melancarkan rayuan-rayuan gombal ke beberapa cewek (#haha, yang ini gak usah ditiru). Sebenarnya bukan itu saja, dengan ng’Blog kemampuan kita untuk merangkai kata akan terlatih. Dan ini biasanya sangat berguna ketika kita diharuskan menyusun sebuah karya tulis/karya ilmiah/skripsi.

Banyak orang-orang yang berniat untuk ng’Blog terhambat pada fase ini, yaitu fase kebingungan untuk menulis dan merangkai kata-kata yang pas. Saya pun mengalami hal serupa, namun kalau ada tekad dan niat untuk berlatih saya jamin lambat laun akan bisa. Tidak ada seseorang pun yang tidak bisa menulis. Wong nulis status di Facebook aja bisa kok, masak cuma nulis di blog aja gak bisa sih….???? 😀

3. Menghasilkan Uang + Mencoba Bekerja Freelance
Seperti yang saya katakan tadi, sudah banyak blogger-blogger senior yang menggantungkan hidupnya dari blog. “Lhho, kok bisa…???”. Ada beragam caranya, diantaranya yang populer adalah bisnis PPC (Pay Per-Click) dan Refreaal (mirip bisnis MLM). Ada juga yang menjual produk, baik itu buatan sendiri atau memasarkan milik orang lain. Dan yang tengah saya geluti, ialah berjualan jasa di blog. Kebetulan saya mempunyai sedikit pengetahuan tentang membuat website, saya pun ingin memanfaatkan hal tersebut guna menghasilkan uang dengan menjadi ‘kuli website’ freelance.

Ide itu muncul ketika beberapa bulan yang lalu saya sempat beberapa kali dihubungi via Facebook oleh seseorang yang tau saya melalui blog pribadi saya ini, yang isinya menanyakan harga sebuah jasa pembuatan website. Berhubung saat itu saya sedang sibuk, maka saya putuskan untuk tidak menerimanya. Karena kali ini saya sedang membutuhkan uang untuk seminar nasional, akhirnya ide itu muncul lagi dan saya berniat untuk menjalankannya. Syukurnya masih ada kesempatan selanjutnya untuk saya yang tidak tau diuntung ini, karena telah menolak rejeki yang terdahulu :).

4. Punya Banyak Teman + Jaringan Koneksi Pertemanan Yang Luas
Yang ini sudah pasti, karena dengan memulai untuk ng’Blog artinya kita sudah mengulurkan sebuah tali pertemanan entah itu kepada teman-teman sesama blogger maupun non-blogger. Bisa diawali dengan berkunjung ke blog orang-orang atau istilah kerennya blogwalking dan ikut berpartisipasi dengan meninggalkan komentar pada artikel. Ingat…!!!, jangan sekedar memberikan komentar lho yaw apalagi sampai melakukan spamming. Jika orang yang kita kunjungi mempunyai ‘kepedulian’ (saya katakan mempunyai kepedulian, karena ada beberapa blogger yang sudah kita kunjungi malah tidak berkunjung balik), maka orang tersebut juga akan berkunjung balik ke blog kita. Lakukan proses silaturahmi tersebut secara berkelanjutan, dijamin deh blog kita akan jadi tambah rame, teman juga jadi tambah rame.

Bagaimana…??? Sudah mulai menemukan ide-ide untuk memulai membuat blog atau merawat kembali blog yang sudah terbengkalai belakangan ini…??? OK deh, semoga sedikit opini dan curhat saya tentang manfaat serta keuntungan ng’Blog ini bisa menginspirasi rekan-rekan.

Salam Hangat,

Cheerrrsss….!!!!

7 comments

  1. Shunryu Reply

    Sama seperti yang ane rasain gan, masak Mahasiswa Informatika ga punya blog, apalagi ane nih Pendidikan Teknik Informatika, yang menuntut pembuatan Media Pembelajaran semacam E-Learning lah. Yah, itung2 belajar, jadi deh blog yang umurnya baru 3 bulan ini. hehe

  2. azzus Reply

    hmmm… ada rasa malu juga saya setelah baca posting ini dan kutipan bli..“Saya mahasiswa teknik informatika yang berkompeten di dunia informatika kok malah gak punya blog, PNS aja punya tuh.“…

  3. ervien Reply

    saya tidak hobi nulis. apalagi ngeblog. tetapi dengan membaca artikel diatas saya merasa tertarik untuk mencoba nya. tq mas bro untuk artikel dan tutorial CI nya.

  4. refi Reply

    sangat menginspirasi gan, saya juga pengen cari duit jadi ‘kuli website’ freelance…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *