MySQL Tutorial : Mengakses Database MySQL di Vagrant/Vbox Melalui MySQL Workbench

Sabtu sore ini saya nongkrong di kantor, entah karena saking bingungnya mau nongkrong dimana. Sepertinya saya sudah mulai kembali ke habitat saya yang sebenarnya, dimana biasanya setiap hari sabtu atau minggu saya nongkrongnya di bengkel. Ada project iseng-iseng yang sudah lama saya rencanakan, berhubung hanya project iseng, saya pakai database mysql. Kebetulan saya memakai vagrant di laptop. Dari dulu saya agak kesulitan untuk mengakses database MySQL atau Postgree yang terdapat di dalam vagrant/virtualbox melalui Workbench atau pgAdmin.

Akhirnya saya niatkan untuk mencoba berbagai konfigurasi yang disediakan oleh Workbench. Jreeengg, ketemu juga. Ternyata cukup gampang, dan herannya kok baru sekarang bisanya -_-. Sekedar catatan saja untuk saya, siapa tau di kemudian hari saya lupa dengan konfigurasinya, kan bisa dicek disini :D. Atau ada teman-teman yang juga merasakan masalah yang sama dengan saya, semoga bisa membantu.

Konfigurasi Workbench Untuk Database MySQL yang terdapat di dalam vagrant atau virtualbox

SSH hostname diisi dengan IP vagrant/virtualbox. SSH username dan password diisi dengan akun untuk login ke vagrant/virtualbox, karena saya menggunakan vagrant, username dan passwordnya “vagrant“. MySQL hostname tetap menggunakan 127.0.0.1, port juga menggunakan port default. Username dan password untuk MySQL server disesuaikan dengan yang ada di laptop masing. Test connection untuk melakukan percobaan koneksi ke database MySQL. Ok, semoga bisa membantu 🙂

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *