Menambahkan Plug-In Emoticon Pada Form Komentar Blog

WordPress dengan bermacam-macam plugin nya memang bisa membuat blog kita tambah cakep dan powerfull tentunya. Mulai dari plugin untuk SEO sampai plugin untuk menambahkan emoticon pada form komentar. Yupz, tanpa kehadiran emoticon di blog kita memang agak terkesan kaku. Ibarat sayur tanpa garam, hambar abiezzz dah :D.

Banyak plugin emoticon yang bisa di download di belantara dunia internet. Kali ini, gue memakai plugin emoticon yang gue dapet gak tau entah dimana pas googling tadi sore. Silahkan download plugin emoticonnya disini. Yang perlu diingat, teknik yang gue praktekin ini untuk di hostingan sendiri,  bukan untuk hostingan yang nebeng di wordpress. Berikut langkah-langkah untuk pemasangan plugin emoticon ini.

1. Log In ke dalam akun blog kalian.

2. Masuk ke menu Plugins > Add New. Klik tab Upload, dan cari file plugin yang sudah di download tadi. Klik tombol Install Now.

3. Sekarang saatnya untuk memasang icon emoticon-emoticon tersebut di atas form komentar. Masuk ke menu Appearance > Editor.

4. Disini, kita akan mengedit sedikit skrip PHP dari theme yang kita gunakan. Bagi yang hostingannya numpang di 000webhost.com, direktori themenya perlu di CHMOD. Kalo yang belum tau tentang CHMOD silahkan search di paman Google :D. Disini gue pake CHMOD dengan kode 777 dengan menggunakan Filezilla. Tujuannya, biar file comments.php yang kita edit nantinya bisa disimpan.

5. Di bagian kiri menu Editor, klik link dengan nama comments.php. Cari baris skrip seperti gambar dibawah ini :

6. Tambahkan script PHP berikut :

<p><?php smilies_clickable() ?></p>

7. Dan selesai sudah proses pemasangan plugin emoticon pada form komentar blog. Gak susah kan??? Kini blog kalian gak akan terasa hambar lagi, kan udah ada emoticon-emoticon lucu yang menemani komentar di blog kalian. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan ke arah yang lebih baik.

Contohnya seperti form komentar yang ada di bawah blog gue ini, dipenuhi dengan berbagai emoticon yang unik :D.

9 comments

  1. budiarnaya Reply

    diamankan dulu…..trims blide…nanti kalau sudah jadi tak kabarin balik, salam kenal bli
    .-= budiarnaya┬┤s last blog ..Mimpi =-.

  2. tjatur ari lestari Reply

    bikin web/blog yg klo di klik bisa mendatangkan uang, caranya gimana ch? supaya iklan yg masuk ke web/blog kita pd bayar ke kita juga, bisa gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *