Membuat Link Share Social Network Pada Blog

Sudah lama gue pengen nambahin link share ke situs Sosial Network seperti Facebook, Twitter, Reddit, maupun Digg di blog gue. Tapi gak juga kesampean, dan tadi malem baru sempet gue sisipin link sosial network di template blog yang gue pake sekarang ini. Contohnya bisa diliat di setiap artikel yang kalian baca di blog gue ini.  Memang udah banyak sie situs-situs yang menyediakan fasilitas semacam ini, tapi gue penasaran pengen buat sendiri link share networknya. Sekalian nambah-nambah wawasan dan bagi-bagi ilmu :D.

Prinsip kerjanya, link yang akan kita buat ini mengambil/mengcopy URL artikel yang sedang kita baca. Disini gue pake fungsi dari salah satu javascript, yaitu document.URL. Fungsinya yaw untuk mengcopy URL artikel yang sedang kita baca. Dan untungnya lagi, situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya, telah menyediakan fasilitas khusus untuk berbagi link seperti ini. OK deh, sekarang kita coba untuk proses implementasinya :D.

1. Tentukan dulu letak link share network yang kalian inginkan, biar lebih gampang kita letakkan aja di bawah judul artikel.

2. Masuk ke menu Appearance > Editor > pada list file theme, klik single.php.

3. Nah, muncul deh sedikit script PHP :D. Terus cari letak yang pas menurut kalian.

4. Terus isikan syntax Javascript berikut :

<script language=”javascript”>
document.write(“<a href=’http://twitter.com/home/?status=” + document.URL + “‘ target=’_blank’>[ TWITTER ]</a>
| <a href=’http://www.facebook.com/share.php?u=” + document.URL + “‘ target=’_blank’>[ FACEBOOK ]</a>
</script>

5. Klik Update File.

6. Setelah itu, coba masuk ke blog kalian. Dan pilih salah satu artikel. Jreenggg,,,link share social network sudah terpasang di blog kalian.

7. Agar terlihat lebih maknyuuss, kalian bisa menambahkan icon dari masing-masing situs jejaring sosial tersebut. Atau ingin menambahkan link share ke situs jejaring sosial yang lainnya.

Gimana??? Gampang kan membuat link share social network sendiri. OK deh, semoga catatan kecil yang gue buat ini bisa menginspirasi kalian untuk mengembangkannya lebih baik lagi.

Happy Blogging, Keep Coding,,,,

5 comments

  1. TuSuda Reply

    Sangat Kreatif sekali tatacaranya Bli, nanti saya akan coba ya..Kalau ada kesulitan saya akan tanyakan balik lagi, boleh khan..
    SALAM Kenal, saya berkunjung balik kesini.

  2. dsety Reply

    gw masih baru nich dalam membikin blog, sih bnyak hal yg blom begitu paham, tpi thank atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *