Membangun Blog Desa se-Kabupaten Banyuwangi Untuk Mewujudkan Kemandirian Nasional

Tahun ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) menggelar ajang Compfest 2011. Compfest 2011 adalah sebuah One Stop IT Event yang akan diadakan pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia. Ada berbagai macam kompetisi, workshop, seminar, entertainment dan exhibition. Salah satu kompetisi yang saya ikuti ialah blogging competition, sebuah kompetisi blog yang diadakan oleh Compfest 2011 untuk mengapresiasi para blogger Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam menulis tulisan di blog. Sebuah kompetisi yang menurut saya sangat bermanfaat untuk seorang blogger seperti saya dan rekan-rekan blogger lainnya guna menyalurkan hobi dan bakat menulisnya. Pada kompetisi ini, saya mengangkat sebuah artikel dengan judul “Membangun Blog Desa se-Kabupaten Banyuwangi Untuk Mewujudkan Kemandirian Nasional”.

Mengapa harus dengan Blog Desa?
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, informasi dalam bentuk apapun dapat dengan cepat dan mudah untuk diperoleh. Disinilah peran teknologi internet untuk menyediakan layanan distribusi informasi yang murah kepada masyarakat luas. Teknologi internet dapat dimanfaatkan secara luas, karena internet merupakan sumber informasi tanpa batas yang dapat diakses secara mudah dan cepat.

Selain sebagai sumber informasi, internet juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meraup keuntungan oleh penggunanya. Contoh kecilnya, saat ini banyak kalangan personal maupun kalangan perusahaan yang  memanfaatkan internet untuk mempromosikan diri dan produk yang dimilikinya. Akhirnya internet dijadikan sebagai ajang bisnis yang murah meriah. Hal tersebut bisa dilihat dengan semakin menjamurnya website-website e-commerce, penjualan online, portal berita dan yang lainnya. Tak berhenti di kalangan personal dan perusahaan saja, lembaga pemerintahan pun ikut juga memanfaatkan internet untuk menampilkan potensi daerah masing-masing melalui media e-government, website, maupun web-blog.

Kabupaten Banyuwangi, sebuah kabupaten yang termasuk dalam provinsi Jawa Timur dan terletak di ujung timur pulau Jawa. Kabupaten tersebut terdiri atas 24 kecamatan dan 217 desa/kelurahan. Kabupaten Banyuwangi mempunyai wilayah yang sangat luas dengan beragam potensi daerahnya seperti obyek wisata, budaya, kesenian dan lain sebagainya. Kurangnya media untuk mempublikasikan potensi-potensi daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Banyuwangi, membuat kabupaten yang dijuluki The Sunrise of Java ini belum banyak dikenal orang.

Jika potensi-potensi daerah tersebut bisa dipublikasikan melalui media internet, banyak keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Dengan cepat dan mudahnya akses informasi mengenai potensi-potensi tersebut, pemerintah setempat dapat mengolah dan menganalisa data yang pada akhirnya dapat mendukung pemerintah dalam mengambil arah kebijakan pembangunan daerah. Selain itu, para investor juga dapat memanfaatkan hasil analisa data tersebut sebagai bahan evaluasi untuk menanamkan modal usahanya di Kabupaten Banyuwangi. Yang akhirnya , wisatawan lokal maupun mancanegara akan berduyun-duyun untuk mengunjungi obyek-obyek dan mengetahui potensi daerah lainnya yang terdapat di kabupaten tersebut. Secara tidak langsung, hal tersebut juga dapat menambah pendapatan perkapita maupun pendapatan daerah.

Maka untuk merealisasikan hal tersebut, dapat dimanfaatkan sebuah aplikasi yang selanjutnya dinamakan Content Management System (CMS) webblog Desa. Aplikasi webblog desa atau yang lebih singkat disebut dengan Blog Desa adalah aplikasi yang berfungsi mengolah dan menyajikan data-data profil dan potensi daerah mulai dari tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan, sampai tingkat kabupaten. Memang saat ini sudah banyak tersedia aplikasi CMS yang dapat diperoleh secara cuma-cuma alias gratis. Akan tetapi aplikasi CMS tersebut susah digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan profil dan potensi desa, karena aplikasi CMS tersebut susah untuk distandarisasikan . Sehingga perlu dibangun sebuah aplikasi CMS yang dapat digunakan untuk mengelola serta mempublikasikan profil dan potensi Kabupaten Banyuwangi, mulai dari dari tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan, sampai tingkat kabupaten.

Aplikasi Blog Desa
Aplikasi blog desa
ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dipilihnya PHP karena atas dasar layanan web hosting saat ini yang hanya menyediakan Apache Web Service dengan dukungan bahasa pemrograman PHP. Nah, untuk mempercepat proses pembuatannya maka digunakanlah Framework Codeigniter versi 1.7.2. Framework Codeigniter adalah framework open source dengan basis pemrograman PHP yang sudah mendukung konsep MVC (Model View Controller). Dan untuk menampung semua konten-konten yang terdapat di dalam aplikasi blog desa nantinya, maka dipilihlah database MySQL yang terkenal handal dalam mengolah data yang dalam jumlah banyak.

Aplikasi blog desa ini terbagai menjadi dua bagian, yaitu bagian untuk mengakses serta mengatur konten (halaman administrator) dan bagian untuk mempublikasikan konten (halaman pengunjung) tersebut ke pengunjung blog. Dan untuk mengakses halaman administrator juga dibagi menjadi 2, dimana ada user yang memiliki hak akses penuh (superadmin) dan admin wilayah/region yang hanya memiliki hak akses terbatas.

Gambar 1. Tampilan Halaman Pengunjung Blog Desa Kabupaten Banyuwangi

Karena tidak semua wilayah mempunyai potensi dan profil daerah yang sama, maka disinilah peran admin wilayah/region untuk mengatur konten-konten dan menu-menu yang layaknya ditampilkan sesuai dengan yang dimiliki wilayah tersebut. Bebarapa hak akses yang dapat dilakukan oleh admin wilayah/region yaitu manajemen menu, manajemen konten, manajemen komentar dan atur akun.

Gambar 2. Tampilan Admin Wilayah/Region Blog Desa Kabupaten Banyuwangi

Untuk admin yang memiliki hak akses sebagai superadmin, maka admin tersebut memiliki hak akses yang lebih jika dibandingkan dengan hak akses yang dimiliki oleh admin wilayah/region. Diantaranya manajemen wilayah, manajemen user, manajemen sitemap, manajemen menu, manajemen konten dan manajemen komentar.

Gambar 3. Tampilan Halaman Superadmin Blog Desa Kabupaten Banyuwangi

Dengan Blog Desa se-Kabupaten Banyuwangi Mewujudkan Kemandirian Nasional
Dengan adanya inovasi blog desa se-Kabupaten Banyuwangi ini bisa menjadi awal untuk mewujudkan kemandirian nasional. Bukan hanya terbatas untuk Kabupaten Banyuwangi, tetapi juga untuk kabupaten-kabupaten yang lain yang tentunya memiliki potensi-potensi daerah yang beraneka ragam. Dengan blog desa ini, pemerintah daerah bisa mengelola dan mengevaluasi data-data potensi daerah yang dimiliki oleh daerah tersebut. Data-data itu nantinya bisa dijadikan evaluasi untuk menentukan pembangunan daerah tersebut ke depannya.

Pembangunan daerah yang maju, akan meningkatkan kemakmuran masyarakat setempat. Tidak dipungkiri lagi, para investor lokal maupun asing akan meliriknya dan berlomba-lomba untuk berinvestasi. Dan akan terbuka luasnya lapangan pekerjaan baru, sehingga tidak hanya meningkatkan pendapatan daerah tapi juga pendapatan perkapita penduduk juga meningkat. Jika blog desa ini juga diterapkan di kabupaten atau kota lain, 5 sampai 10 tahun ke depan Indonesia akan menjadi bangsa yang mandiri dan terkenal karena beraneka ragam potensi-potensi daerah yang dimilikinya. Dan program Visit Indonesia yang dicanangkan oleh presiden RI bisa dijalankan dengan sempurna.

4 comments

  1. yeyep sudrajat Reply

    Salut buat Bli Gede…sosok programmer yg tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi punya jiwa dan semangat kontribusi yang luar biasa bagi lingkungan di sekelilingnya.

  2. abu Reply

    gimana caranya masuk admin? trims atas postingannya. sangat bermanfaat

  3. neprianto Reply

    saya banyak merasa terbantu belajar dengan mengunjungi blok anda ….kalau saya boleh request buatkan tutorial membuat webberita hanya dengan html css dan php
    trims bli gede

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *