Mac OSX : Upgrade ke SSD dan Ganti Slot DVD Dengan HDD Caddy Enlosure

Sudah beberapa hari ini saya resmi menggunakan SSD di macbook pro yang setia menemani saya. Kebetulan kemarin saya ada rejeki lebih dan seperti rencana sebelumnya, saya ingin mencicipi SSD yang katanya bisa bikin performa macbook makin ngebut. Niatnya pengen nyicipin SSD yang 128GB saja dulu untuk permulaan, cek harga yang merk Kingston, harganya masih selangit untuk ukuran BNIB -_-. Saya tengok ke kaskus, ada SSD Kingston HyperX 256GB yang BNIB dengan harga barang 2nd. Gak pikir panjang, saya langsung ambil SSD tersebut dengan harga 1.7jt, lumayan hemat 700ribu daripada beli yang memang benar-benar BNIB :)).

Nanti setelah diganti dengan SSD, otomatis HD yang sebelumnya memang bawaan dari macbook akan nganggur. Saya pikir, sekaranglah saatnya mencicipi macbook dengan dual HD ;). Saya pesan sebuah HDD Caddy Enclosure di advanina.com, dimana nantinya saya harus mengorbankan slot DVD dicopot, dan digantikan dengan slot HDD. Tak apalah, toh sekarang udah gak jaman lagi pake DVD, hahaha.

HDD caddy enlosure mac

Saya gunakan SSD khusus untuk bernaungnya OSX dan semua aplikasi, karena memang saya butuhnya untuk kecepatan dalam setiap membuka aplikasi. Sedangkan HDD, khusus untuk data-data kerjaan saja. Cara copot DVD nya lumayan, lumayan ngeri, hahaha. Maklumlah, ini macbook masih perawan :)). Untuk tutorialnya saya ngikutin tutorial yang banyak bertebaran di youtube, dan berhasil walau dengan sedikit insiden ;).

double HDD Macbook

SSD benar-benar membuktikkan kemampuannya, saya yang biasanya fresh install OSX memakan waktu sampai  1 jam lebih, kali ini cuma makan waktu kurang lebih 15 menitan, WOW. Dan setelah beberapa hari ini saya pakai untuk bekerja, sangat-sangat powerfull. Yang biasanya lambatnya minta ampun dari keadaan sleep untuk OnFire lagi, kini berjalan sangat mulus. Gak rugi deh saya migrasi ke SSD. Jadi buat teman-teman yang mau migrasi ke SSD, gak usah ragu deh. Memang harganya masih selangit, tapi sebandinglah dengan performa dan kualitasnya ;).

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *