Laravel + HybridAuth : Implementasi HybridAuth (OAuth2) Pada Laravel 4

oauth-logo

Haloo lads…. hahaha, niru gaya para blogger dari blog otomotif. Sudah beberapa bulan ini saya mulai mengalihkan hobi ke dunia otomotif. Ya baru sekedar doyan liat motor-motor gede (moge) + doyan nangkring di bengkel teman. Sekedar menyalurkan minat saya yang dulu harus kandas karena terkendala biaya :)). Ternyata enak juga belajar hal baru yang sesuai dengan minat dan hobi kita. Makanya saya jarang update blog (halaaahh, ngeles kayak abang bajaj :p). Sekarang pas lagi nyantai, saya update sedikit nih, tentang Laravel+OAuth. Ya udah banyak sih sebenarnya yang bahas, tapi lumayan bisa dipake arsip  kalo ada yang tanya.

Disini saya coba untuk mengimplementasikan HybridAuth yang merupakan wrapper untuk OAuth 1 dan 2. Saya sih lebih nyaman pake yang ini https://github.com/thephpleague/oauth2-client. Alasannya ya karena sudah support namespace, lebih modern lah. Sayangnya hanya khusus untuk OAuth2, jadi kalo mau buat aplikasi yang ada “Sign with Twitter” bakal gak bisa. Karena masih pake OAuth1, kok masih pake OAuth1? Ya saya gak tau :p.

HybridAuth belum memakai namespace (CMIIW). Jadi ya pemanggilan class nya dari file yang sudah di-generate oleh composer. Tinggal panggil nama class nya saja. Ahh, memang kurang enak menurut saya :/. Disini saya hanya akan mencontohkan implementasi OAuth2 dengan Facebook dan Linkedin saja. Kalo mau nyoba Twitter dan Google, caranya sama saja. Cuma kalo Google emang agak strict, domain/host lokal-nya milih. Misalnya jika kita memakai domain/host lokal yang berakhiran *.dev, akan muncul error ketika mencoba untuk mengirim request ke server OAuth Google -_-.

Yuppzz, daripada kebanyakan teori, langsung aja lihat ke penampakan kodenya. Source-nya sudah saya push ke github, https://github.com/gedelumbung/laravel-hybridauth. Monggo dilihat-lihat 🙂

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

 

2 comments

  1. Ade Hidayat Reply

    Tengkiu banget Pak Tutorialnya, saya banyak belajar dari tutorial yang bapak buat. Moga2 diberi umur panjang, pengen ketemu langsung dengan Bapak. Semoga sehat selalu ya pak. Tetap semangat.

    Mari Kita Bersama Bangun Indonesia Digital.
    Merdeka !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *