jQuery Plug-In : Akses Webcam Melalui Browser Dengan jQuery Webcam Plug-In

Seharian nangkring di rumah, ngerjain proyek yang datanya bejibun ternyata bikin sumpek juga. Belum lagi kepikiran tugas-tugas kuliah yang lainnya. Inginnya sie keluar refreshing sejenak, membunuh kejenuhan ini. Tapi kalau keluar, dijamin pekerjaan dan tugas-tugas gak akan selesai. Yaw, terpaksa cuma bisa jalan-jalan di dunia maya alias browsing gak jelas. Setelah ngalor-ngidul gak karuan, akhirnya saya sampai di sebuah situs yang menurut saya isinya sangat bagus. Sesuai dengan jargon situsnya, Advanced Developer Blog – Website and Application Intelligence, situs ini menyediakan berbagai source code yang benar-benar advanced dan menarik. Salah satu yang membuat saya tertarik adalah sebuah jQuery Plug-In yang berfungsi untuk mengakses webcam melalui browser, namanya jQuery Webcam Plug-In.

Kebetulan saya juga sedang mencari referensi source code untuk mengakses webcam melalui browser, dan akhirnya ketemu di situs ini deh. Plug-In ini mirip dengan aplikasi take picture yang dimiliki oleh Facebook ketika hendak mengunggah foto profil. Di sana terdapat fitur untuk melakukan pengambilan gambar melalui browser. Pertama melihatnya, saya sangat terkesan dengan kecanggihan fitur Facebook dari waktu ke waktu. Dan mulailah saya mempunyai ide untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalamnya terdapat fitur take picture. Cara penggunaan plug-ini juga mudah kok, tinggal tambah javascript sana-sini langsung jadi deh. Nah, sampai saat ini saya belum tau caranya untuk menyimpan gambar hasil jepretannya. Saya masih bingung dengan dokumentasi yang dijelaskan di situs tersebut, maklum saya masih newbie di ranah yang begituan. Dan saya sudah sempat mengoprek sedikit source code-nya, hasilnya seperti di bawah ini. Silahkan dipakai narsis-narsisan, tapi maaf gambarnya masih belum bisa disimpan :D.

Penasaran dengan cara penggunaannya? Silahkan main-main ke http://www.xarg.org, untuk membaca dokumentasinya dan men-download plug-in jQuery Webcam Plug-In . Kalau saya jelaskan disini akan sangat panjang sekali, hampir 2 postingan lho :D. Sebagai gantinya, saya sediakan link download source code hasil oprek-an versi saya sendiri. OK deh, semoga bisa menambah referensi rekan-rekan tentang plug-in yang memanfaatkan jQuery sebagai framework-nya.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

Download Aplikasi

3 comments

  1. aaN Reply

    mantab scriptnya, oh iya, bisa gak klau stelah di capture gambarnya disimpan di database ??
    mohon infonya, terima kasih

    • Gede Lumbung Post authorReply

      nah, itu masalahnya mas…
      sampe sekarang, saya belum tau cara menyimpan hasil jadinya…
      hehe..
      penjelasan di situs resminya kurang jelas menurut saya.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *