Curhat : Pengalaman Bongkar-Bongkar Laptop di Malam Hari

Membongkar laptop Acer 4540 - Jual Laptop Bekas Acer 4540Postingan saya kali ini bertemakan curhat tentang pengalaman pertama kali membongkar laptop seorang diri. Setelah saya putus asa untuk menjual laptop yang sudah menemani selama 2 tahun belakangan ini, akhirnya saya putuskan untuk tidak menjualnya terlebih dahulu. Sayang dong, ada barang yang lumayan untuk digunakan bahan belajar seluk beluk perangkat kerasnya. Jadilah tadi malam saya bongkar sendiri laptop Acer tersebut dengan modal hanya  sebuah obeng. Selain itu, saya juga curiga dengan panas yang dihasilkan terlalu berlebihan, beda sekali dengan ketika terakhir dulu saya gunakan. Berhubung laptop ini sudah pernah dibongkar oleh teman saya, saya jadi lebih mudah untuk membongkarnya kembali. Dimulai dari membuka baut-baut di bagian bawah, kemudian dilanjutkan dengan melepas speaker dan keyboard yang penuh dengan debu. Biar tambah lebih aman, saya lepas dulu baut-baut yang memegang LCD, jadinya saya lebih leluasa untuk meng-geledah bagian body laptop. Akhirnya terlihatlah jeroan yang nangkring di dalamnya, yaitu motherboard dan DVD-RW. Lama-kelamaan jadi tambah asik, terasa semudah membongkar komputer PC :D.

Membongkar laptop Acer 4540 - Jual Laptop Bekas Acer 4540

Saya ambil motherboardnya dan ketika saya balikkan untuk melihat kipas processor, ternyata pin konektor kipas tidak tertancap pada motherboard. Pantas saja laptop ini panasnya bukan main, padahal baru dipakai selama 20 menit. Sekalian juga saya lepas baut-baut yang mengunci heatsink+kipas dengan motherboard untuk melihat thermal paste processor. Masih ada sisanya dan berhubung saya tidak punya persediaan thermal paste, saya gunakan pasta gigi sebagai penggantinya.

Membongkar laptop Acer 4540 - Jual Laptop Bekas Acer 4540

Setelah saya rasa cukup, saya pasang kembali semua komponen-komponennya dan berdoa semoga bisa hidup+berjalan normal lagi :D. Dan syukurnya masih bisa hidup lagi seperti tadinya sebelum saya bongkar sendiri. Saya coba pakai selama 30 menit, panas yang dihasilkan sudah agak mendingan, sama seperti dulunya ketika sebelum mengalami mati suri. Haaaahhhh, lumayan juga bisa dapat ilmu bongkar laptop tadi malam.

6 comments

  1. kang topjer Reply

    wah, kalo leptop blom pernah tak bongkar kang, masih garansi euyyy,, biar gak cpt panas pake cooling pad aja, dijamin kuat lembur mpe pagi hehehe..

  2. fajar Reply

    hehehehe…maap gan..konektor kipasnya kelupaan…

    ngomong2 klo ada temen2 punya masalah di VGA untuk keluaran Acer Aspire 4520 ato sejenisnya bisa call ane di sini…

    (Numpang buka lapak gan gede….hehehehehehe)

  3. diki Reply

    mas obeng nya pake obeng apa ini saya tidak bisa dibuka padahal bentuk ujung obeng sama baud laptop nya sama mohon jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *