Curhat + ng’Eksis : Ikut Seminar KNSI 2012 di STIKOM Bali

Akhirnya selesai juga acara KNSI (Konfrensi Nasional Sistem Informasi) tadi siang yang diadakan di STIKOM Bali selama 2 hari terhitung mulai dari kemarin. Totalnya sih ada 3 hari, tapi berhubung saya tidak ikut di hari terakhir yang merupakan sesi wisata, jadinya saya hitung cuma 2 hari :D. Seminar KNSI ini hampir sama dengan seminar nasional yang saya ikuti tanggal 4 februari kemarin di surabaya, dimana saya mendaftar sebagai pemakalah/pembicara. Yaw,,hitung-hitung cari pengalaman+ngisi liburan di bali. Judul yang saya angkat sangat-sangat sederhana jika dibandingkan dengan makalah-makalah peserta lainnya yang terdaftar di KNSI, yaitu tentang perbaikan pada View aplikasi KRS online agar bisa diakses via web browser perangkat mobile. Karena menggunakan framework MVC, jadinya tinggal mengubah di bagian View-nya saja dan menambahkan jQueryMobile agar semua fungsi-fungsi AJAX berjalan optimal. Hasil uji cobanya sudah saya bagikan di postingan yang sebelumnya, silahkan di uji coba sendiri, syukur-syukur bisa dikembangkan lagi :D.

Dulu full paper-nya saya kirimkan di hari terakhir batas pengiriman, alhasil saya mendapat nomor urut terakhir. Yaw gak heran kalau saya mendapat giliran di hari kedua, lumayanlah di hari pertama bisa jadi penonton. Diawali dengan datang ke lantai dasar kampus STIKOM Bali untuk melakukan registrasi. Kampusnya lumayan bagus, malah lebih bagus dari kampus saya yang baru dibangun. Tapi entah kenapa saya tidak terlalu begitu excited dengan suasana kampusnya seperti ketika saya ikut seminar nasional di kampus MMT-ITS. Mungkin gara-gara pelaksanaannya ada di daerah sendiri kali yaw :D. Nunggu beberapa menit sampai akhirnya saya beserta peserta lainnya diantar menuju auditorium untuk pembukaan acara seminar. Auditoriumnya lumayan luas dan semua kursi penuh terisi oleh peserta maupun tamu undangan yang notabene adalah pejabat-pejabat teras. Diisi dengan keynote speaker yang tidak begitu asik dan ternyata bukan saya saja yang berpendapat demikian, peserta yang lain juga demikian. Terbukti mereka lebih memilih untuk memainkan komputer tablet daripada mendengarkan pak keynote speaker. Hingga sampailah di sesi paralel presentasi, dimana peserta yang datang dari luar kota mempresentasikan hasil penelitiannya. Ide penelitiannya keren-keren, walau ada beberapa yang membuat saya tertawa :p.

Di hari kedua, keynote speaker-nya berbeda dengan di hari pertama dan yang ini cukup menghibur juga. Entah kenapa di setiap seminar nasional yang saya ikuti pasti tidak semua keynote speaker-nya menyenangkan, paling hanya 1 orang saja yang bisa membuat suasana menjadi hidup. Dilanjutkan dengan masuk ke masing-masing ruangan yang telah ditentukan untuk sesi paralel presentasi terakhir dan saat itulah giliran saya. Sesi presentasi berjalan dengan lancar, lumayanlah “mahasiswa selat pasih” seperti saya ini bisa ikut numpang ngoceh di ruangan itu. Setelah sesi presentasi berakhir, ternyata masih ada acara penutupan di ruangan auditorium yang tadi. Berhubung sertifikat sudah diberikan+jatah makan sudah habis+mata saya sudah ngantuk ;), akhirnya saya putuskan untuk pulang saja.

Lumayanlah pengalaman yang saya dapatkan di seminar KNSI 2012 kali ini, setidaknya saya bisa membuktikan kembali kepada mereka yang mencemooh saya dengan sebutan Mahasiswa Selat Pasih. Memang tak ada yang salah dengan sebutan tersebut, toh saya memang benar-benar kuliah di Kampus Selat Pasih. Echh,,ngomong-ngomong soal kampus, kemarin pagi saya mendapatkan info dari Jin Gendut kalau kemarin diadakan pemilihan ketua kampus yang baru. Yaw,,saya sih cuma cuek bebek aja, sudah males ngurusin kampus yang gak pernah ada benarnya. Mending ngurusin diri sendiri aja, biar cepet wisuda. OK deh, sekian dulu postingan narsis saya kali ini. Sukses selalu untuk kita semua.

Download paper : MEMBANGUN SISTEM PERWALIAN MOBILE DENGAN TEKNIK MVC MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN JQUERY MOBILE

Download Demo/Hasil Uji Coba Aplikasi

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrsss….!!!!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *