Contoh Aplikasi Perhitungan Gaji Sederhana Dengan C#

Mendekati UAS semester ganjil, tugas kuliah yang berdatangan makin banyak aja. Dan itu juga berlaku bagi saya dan tema-teman saya di kampus. Beberapa dari tugas tersebut sudah ada yang saya selesaikan, dan masih banyak yang belum selesai :D. Diantaranya tugas yang sudah saya selesaikan yaitu tugas pemrograman visual C# – aplikasi rental CD sederhana. Terlihat banyak teman-teman saya yang belum mengerjakan tugas tersebut, padahal UAS tinggal setengah bulan lagi :).

Nah, pada postingan kali ini saya ingin membagikan sedikit source kode program sederhana dengan C#, yaitu aplikasi perhitunggan gaji sederhana. Dan sedikit menggunakan database Access sebagai media penyimpanan data pegawai dan data gaji. Sebenarnya, aplikasi ini merupakan tugas praktikum alpro pertemuan kedua, dan ternyata tidak jadi saya kumpulkan karena pak dosen malah memberi saya bersama 3 rekan saya (Untung, Puji, dan Okky) tugas besar yang berbasiskan client server (makin ruwet cuy).

Soal aplikasi perhitungan gaji ini kira-kira seperti berikut :

Perusahaan A mempunyai peraturan absensi sebagai berikut, karyawan mempunyai jam normal kerja dari pukul 08.00 – 14.00. Bagi yang terlambat masuk jam kerja lebih dari pukul 08.00, maka dianggap tidak masuk kerja. Perusahaan A mempunyai jam lembur sampai pukul 20.00. Bag karyawan yang bekerja sampai di atas pukul 14.00 dianggap lembur, dengan gaji lembur 2 kali gaji normal. Gaji dihitung per-harinya.

Begitulah kira-kira soal perhitungan gaji sederhana ini. Di bawah ini, sudah saya sediakan link download source kode program lengkapnya. Mudah-mudahan bisa berguna bagi teman-teman di kampus, yang kebetulan masih bingung+pusing mencari contoh aplikasi pemrograman visual dengan C#. OK deh, silahkan di-download mumpung link-nya masih bisa dikunjungi :D.

Happy Blogging and Keep Coding….
Cheers…!!!

Download Aplikasi

31 comments

  1. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Contoh Media CD Interaktif Sederhana Dengan Flash

  2. ketut Reply

    bli ade seng program input update delete metode client server dengan php???????????

    • Gede Lumbung Post authorReply

      kalo pake php, itu gak salah udah pake three tier bli…
      client server itu kyk aplikasi VB yg databasenya diinstal di komputer lokal…

      • ketut darma susila Reply

        tyang gax ngerti bli yang jelas database yang ada dipc server dapat diakses oleh pc client tanpa mencreate database dipc client,,..mohon petunjuk nya enggeh…???

        • Gede Lumbung Post authorReply

          ouw, kalo ngakses database yg ada di server itu udah pake three tier bli…
          php cuma sebagai penghubung antara database di server dengan aplikasi di client, format transfer datanya bisa pake xml atau json…

  3. Fatimah Nurul Insani Reply

    Terimakasih mas ya ilmu nya sangat bermanfaat sekali dan dapat membantu bagi mereka yang membutuhkan 😀

  4. Chandra Reply

    gan gede lumbung pas sy coba app ini ada kendala di Microsoft.Jet.OLEDB 4.0 “provider is not registered on the local machine”,, mhon bantuannya itu knp yah?? trims

  5. mega Reply

    mas aku mau download aja gak bisa, uda daftar dan uda masukin alamat email tapi gak ada di email, gimana mas ?

  6. afung Reply

    makasih mas dah berbagi ilmu, cuma mau tanya nich. kebetulan ane masih belajar. untuk ngejalanin aplikasinya kita mesti buat database dulu ya…??
    maaf sebelumnya, barangkali ada agan yang mau bantu jawab silahkan.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *