Contoh Aplikasi C# : Export Datagrid ke XML

Setelah di postingan narsis yang kemarin tentang gadget baru saya, sekarang saya akan berbagai sedikit nie tentang cara export data dari aplikasi C# ke dalam bentuk file XML. Kelihatannya memang sederhana, dibandingkan export data ke dalam bentuk file PDF maupun Excell. Lantas, apa kelebihan export data ke dalam bentuk file XML? Kelebihannya cukup banyak, salah satunya kita tidak memerlukan library khusus untuk membuat file XML ini. Jika kita ingin melakukan export data ke dalam bentuk format Excell, tentu saja kita membutuhkan library Microsoft Excell itu sendiri (Microsoft.Interop.Excell dan Microsoft Object Library). Yang lebih repotnya lagi, jika versi microsoft office yang kita gunakan berbeda, otomatis script dan library yang digunakan juga berbeda. Selain itu, XML merupakan format file yang sederhana dan fleksibel. Bisa dibuka tanpa memerlukan program khusus. Memang sie, kekurangannya terlihat pada isinya, yang terlihat kode-kode penyusunnya seperti file HTML.

Terus terang, saya cukup susah juga mencari tutorial tentang export data ke format XML dari C# di internet. Dan akhirnya teman kampus saya, sebut saja namanya Puji (bukan nama samaran) memberikan script untuk melakukan export data ke XML dari C#. Kebetulan script yang diberikan oleh teman saya tersebut, data sumber yang akan di export berasal dari objek DataTable. Sedangkan pada aplikasi yang saya buat, data sumbernya berasal dari DataGrid. Tinggal modifikasi sedikit, jadilah scriptnya seperti berikut :

Lumayan simpel kan :D? Sengaja scriptnya saya jadikan file JPEG, karena kalau di paste langsung scriptnya gak kelihatan (bukan bermaksud untuk mencegah copy-paste langsung lho yaw :p). Ouwww yaw, untuk penggunaannya pada aplikasi C# jangan lupa untuk menambahkan using System.XML di awal baris aplikasinya.

Nah, bagi yang masih pusing dengan caranya, kebetulan saya sempatkan juga untuk membuat contoh aplikasinya. Untuk databasenya, saya gunakan Microsoft Acces agar lebih mudah. Silahkan di download, dipelajari, dimodifikasi sesuai kebutuhan teman-teman.

Happy Blogging and Keep Coding…
Cheers..!!!

Download Aplikasi

1 Comment

  1. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Blog Archive » Contoh Aplikasi C# : CRUD Sederhana Dengan OOP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *