Contoh Aplikasi C# : CRUD Sederhana Dengan OOP

Kuliah di semester ini makin tambah mumet dan ruwet. Rasanya waktu 24 jam dalam setiap hari rasanya masih kurang untuk saya, mungkin rekan-rekan juga mengalami hal yang sama seperti saya. Waktu untuk tidur pun juga jadi kurang :D. Sampai waktu untuk update blog pun tidak ada, dan ini saya paksakan untuk update postingan di blog kesayangan saya ini. Lantaran, tadi siang banyak teman-teman di kelas yang bingung dengan mata kuliah OOP. Kebetulan di pertemuan yang kedua tadi siang, pak dosen (Pak Eko Heri) langsung membahas pembuatan aplikasi form sederhana tanpa OOP dan melibatkan database. Mungkin banyak yang belum mengenal dan pernah menggunakan database, sehingga banyak teman-teman saya yang bingung (+ kelas jadi kisruh dan ribut :D).

Padahal belum mengarah ke OOP, tapi banyak teman-teman yang sudah mulai bingung. Dari situlah saya buatkan sebuah contoh aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) sederhana (bukan tutorial) dengan C#. Aplikasi ini merupakan lanjutan aplikasi Export Data ke XML yang sempat saya posting kemarin. Bedanya ada pada databasenya, dimana pada aplikasi ini saya menggunakan database MySQL.

Aplikasi CRUD ini masih sangat sederhana dan hanya ada fitur-fitur standar (select, update, insert, delete). Untuk contoh aplikasinya, di bawah ini sudah saya sediakan link downloadnya. Mudah-mudahan bisa berguna untuk teman-teman yang lagi kebingungan dengan materi OOP :D.

Happy Blogging and Keep Coding…
Cheers..!!!

Download Aplikasi

7 comments

  1. Shepta Reply

    Master Gede, mau tanya dunk,,,
    W kan bikin aplikasi database pake c# 2010 express..
    Ktika sLesai di debug kemudian di running..
    Smadav ane deteksi virus New Heur Variant pada aplikasi yg W buat tadi..

    Solution and tips2 dunk biar aplikasi w tetap jalan walaupun ada smadav aktif..

    Thx ya..boleh bales ke email w..
    salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *