Code Snippet – MySQL Tutorial : MySQL Update Data Dari Tabel Yang Lainnya

code-snippet

Bangun pagi dengan kondisi tubuh yang segar, sudah lama tidak saya rasakan lagi. Dan pagi ini saya bisa mencicipi rutinitas tersebut lagi. Tumben saya bisa nyenyak tidur di basecamp yang cuma beralaskan karpet, setelah tadi malam berhasil mendapatkan sedikit pencerahan tentang skripsi yang sedang saya kerjakan. Kebetulan saya mengangkat tema tentang database, database non relasional yang bahasa kerennya NoSQL (Not Only SQL). Yaitu si MongoDB yang belakangan ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Pada postingan selanjutnya, saya akan mencoba untuk menulis serba-serbi tentang MongoDB, yang kelihatannya memang punya masa depan yang bagus, mengingat ke depannya adalah era Big Data, dimana kecepatan akses data sangat dibutuhkan dan MongoDB menjanjikan untuk masalah tersebut. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang database juga. Dengan kategori baru, yaitu Code Snippet. Berisikan tentang potongan-potongan kode yang sering saya temui, bahkan mungkin rekan-rekan juga menemukannya ketika bercumbu dengan nikmatnya arena coding ;).

Beberapa hari yang lalu saya menemui kasus tentang redudansi data di database mysql. Dimana ada 2 tabel, yaitu tabel master dan tabel transaksi. Sebut saja tabel barang sebagai tabel masternya dan pada tabel master ada nama barang. Kalau mengikuti kaedah normalisasi, pada tabel transaksi cukup mencantumkan kode barangnya saja. Ini untuk mengurangi redudansi data. Sedangkan saya mendapatkan tabel yang sudah berisikan data dengan jumlah ribuan. Dimana datanya redudan, di tabel transaksi bukan kode barangnya yang dicantumkan, melainkan langsung nama barangnya. Untuk mengubahnya satu persatu tidak mungkinlah (muke gileeee disuruh melototin data yang jumlahnya ribuan :p). Nah, dari situ kita bisa menggunakan trik berikut, untuk melakukan update data dari tabel lain di mysql. Contoh kasusnya seperti gambar dibawah ini :

Syaratnya, kita harus membuat sebuah field baru di tabel transaksi dengan nama kode_barang. Dan solusinya bisa menggunakan query mysql sebagai berikut, dengan melakukan update data :

UPDATE tbl_master_barang a, tbl_transaksi b SET b.kode_barang= a.kode_barang WHERE b.nama_barang=a.nama_barang

Cukup sederhana untuk query-nya. Dan dijamin mengatasi permasalahan seperti di atas dengan cepat ;). Silahkan dicoba dan kalau ada langkah atau trik yang lebih sederhana, mari dibagikan disini

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

4 comments

  1. yeyep sudrajat Reply

    Mangtabz Bli! sangat berguna…moga skripsinya cepet kelar ya Bli…Sukses Slalu Bli

  2. bocah bodo Reply

    Tahun baru. Design baru
    Lebih fresh mas Bero dengan menu baru. Code Sniped. Good idea
    I Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *