Code Snippet – MySQL Tutorial : MySQL Update dan Insert Data Dari Hasil Fungsi Concat Tabel

code-snippet

Istirahat dari kegiatan begadang yang rutin tiap hari saya lalui dan cukup membuat postur tubuh saya berubah drastis alias melar :). Diselingi juga dengan acara wara-wiri di kampus untuk mencari tanda tangan pak dosen selaku dosen penguji dan pembimbing untuk skripsi saya yang sudah selesai. Memang banyak yang saya korbankan untuk ini, diantaranya kegiatan karang taruna yang diadakan minggu kemarin dan saya tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut. Karena masih ada tunggakan kerjaan + skripsi. Ngomong-ngomong soal kerjaan, saya kemarin menemukan kasus yang dulu pernah saya temui juga. Yaitu, “Bagaimana caranya melakukan insert maupun update ke dalam tabel dengan sumber data dari hasil fungsi concat tabel lain…???“. Caranya cukup mudah, tinggal kita lihat saja dokumentasinya :p.

Saya contohkan struktur tabelnya seperti gambar di bawah ini. Ada 2 tabel, yaitu tabel data siswa dan tabel akun siswa. Tabel data siswa sebagai tabel masternya dan kasus pertamanya, bagaimana cara melakukan insert ke dalam tabel akun siswa dengan data nis dari tabel data siswa. Dan menginputkan hasil kombinasi username dan email yang di-MD5 sebagai inputan untuk field password.

insert-concat

Nah, caranya kira-kira dengan query seperti di bawah ini :

insert into tbl_akun_siswa(username,password) select nis,md5(concat(nis,email)) from tbl_data_siswa

Kasus yang kedua, misalnya kita ingin melakukan reset password untuk semua data yang terdapat di dalam tabel akun siswa, maka caranya juga sama dengan cara pada kasus yang pertama. Hanya saja kita mengganti perintah insert dengan perintah update. Kira-kira query-nya seperti di bawah ini :

update tbl_akun_siswa a set password=(SELECT MD5( CONCAT( nis, email ) ) as hasil FROM tbl_data_siswa where nis=a.username)

Query yang sangat sederhana dan tidak begitu berguna mungkin untuk saat ini. Tapi jika sudah berhadapan dengan data yang record-nya ribuan bahkan jutaan, query-query di atas sangat ampuh untuk melakukan duplikasi data. Dan saya sudah merasakannya ;). OK deh, semoga sedikit catatan kecil saya ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan pengunjung blog ini.

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *