Bukannya Pelit Ilmu, Cuma Ingin Kamu Lebih Kreatif…

UTS semester genap sedikit demi sedikit akan mulai berakhir, dan gue pun mulai bisa santai dari tugas-tugas kampus yang banyaknya minta ampun dah. Mulai dari tugas Obeservasi SIM, Sistem Digital, sampe Desain Web (yang terakhir ini emang matkul favorit gue). Dosen yang ngajar desain web memang kelewat advance kali yaw, buktinya tuh banyak temen-temen gue yang gak ngerti sama yang diajari tuh dosen. Di pertemuan awal aja udah ngasik tugas untuk buat desain layout website pake table, guenya sie OK-OK aja soalnya gue udah punya basic disitu. Tapi kasian temen-temen yang lain, yang belum ngerti sama sekali sama struktur table. Dan kebetulan saat itu, gue langsung pake komponen div + sedikit javascript.

Pas penilaian, desain web gue katanya dibilang udah bagus sama si pak dosen (GR mode:on) karena udah pake javasript + CSS. Gue mah nyengir-nyengir doank. Minggu-minggu berikutnya, tugas desain web yang dikasi sama tuh dosen mulai bikin temen-temen yang lain keblinger. Gimana nggak keblinger, belum juga jelas dengan konsep table malah udah disuruh pake CSS. CK..ck..ck.., bener-bener keliwat advance tuh dosen. Gue sie tinggal santai, karena dari awal kan desain web gue udah pake CSS.

Nah, temen-temen yang lain mulai bertanya-tanya nie sama gue. Secara pribadi, gue sie siap membantu dengan ikhlas (biasanya sie gak :D) dan senang hati. Masalahnya dimulai dari sini, ada seorang temen gue yang memang dari semester 1 gayanya sok tau banget, padahal kenyataannya biasa aja. Mulai tanya-tanya deh tuh anak sama gue, dan gue dengan senang hati membantu. Pas di pertengahan, tuh anak malah minta diajarin terus-terusan tanpa mau mencari refrensi lain ke internet. Tipe orang kayak gini nie yang kagak gue suka, bawaannya pengen jitak tuh anak. Terus terang, nie anak beda banget sama anak-anak lainnya yang sering gue bantu dalam hal pelajaran. Biasanya anak-anak yang lain dikasi tau dikit, pasti nyari sisanya di internet. Sebelumnya emang gue suruh nyari refrensi lainnya ke internet. Tipe anak kayak gitu tuh yang gue suka, kreatif dan mau berusaha dengan kemampuan sendiri. Lain sama anak yang satu ini, yang kerjaannya minta diajari terus-terusan.

Sampai suatu saat, gue gak tahan dan mulai bilang ke anak ‘pemalas’ tuh bahwa gue gak seneng sama kelakuannya yang nanya melulu. Tapi yaw tetep aja, besok-besoknya tuh anak pemalas minta diajari terus-terusan. Gue sie pribadi, gak pelit ilmu. Karena pada hakikatnya ilmu itu memang harus dibagi dan disebarluaskan. Namun dalam proses itu ada pengorbanan juga, yaw pengorbanannya itu dalam bentuk nyari-nyari di internet lah contohnya. Gak ada perjuangan, tanpa pengorbanan. Dulu pas gue baru kenal dunia IT juga main-mainnya di internet. Internet itu ibarat guru gue yang paling hebat, karena semua ada disana. Dulu pas di Bali pun juga gitu, pas gue PKL di sebuah perusahaan besar gak ada yang ngajarin malahan. Justru disuruh nyari sendiri di internet yang sudah disediakan sama perusahaan tempat gue PKL.

Untuk teman gue yang merasa, dan kebetulan sempat mampir ke blog gue yang masih newbie ini, cobalah untuk berusaha mandiri. Karena dari kemandirian itulah kamu bisa menemukan jati diri dan minatmu. Dari jati diri dan minat tersebut, akan terbentuk sebuah skill yang kedepannya bisa menghasilkan keuntungan lahir batin buat dirimu. OK sob…!!!!

2 comments

  1. onixgwtel Reply

    wah ane setuju untuk yg satu ini. memang orang hidup itu musti berusaha dulu kalo udah mentok gak ada jawaban baru tanya, biar tu orang gak jadi males dan akhirnya kebiasaan. BETUL BETUL BETUL.

  2. idham Reply

    gan share dong cara pembuatan struktur organisasi dengan codeigniter, bingung nigan udh cari dimana-mana gk ketemu-temu gan, tolong bantuan na ya gan trima kasih sebelum na gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *