Berbagai Pilihan Dock Menu Untuk Ubuntu

Susah banget nyari waktu luang untuk posting di blog, lantaran banyak kerjaan di pura. Selain itu project sisfo kampus juga sudah menunggu, jadinya kejar-kejaran deh  buat ngerjain semuanya biar cepat selesai. Akhirnya di malam minggu yang kelabu ini :D, saya bisa posting juga (padahal sebenarnya gara-gara gak ada temen yang bisa diajak keluar). Kali ini, saya mau berbagi sedikit tentang Dock menu untuk Ubuntu. Sangat banyak Dock menu yang tersedia untuk Ubuntu di belantara dunia internet. Seperti Cairo Dock, Avant Window Manager, Docky, Dockbar, Sim Dock. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang memerlukan effect 3D (pastinya berat) dan ada yang tidak memerlukan effect 3D tapi tetap elegan. Nah, sebelum mencoba dock menu yang tersedia, berikut saya berikan sedikit gambaran mengenai dock menu yang ada di belantara dunia internet.

1. Cairo Dock
Ini salah satu dock menu favorit saya dulu ketika pertama kali mengenal Linux Ubuntu. Tampilannya memang keren banget, apalagi ditambah dengan berbagai effect-effect yang disediakan. Kalau pakai dock menu ini, dijamin tampilan dekstop kalian bakal mirip Macintosh miliknya Om Steve Jobs :D. Gak mati gaya deh pokoknya. Tapi, harus dibayar dengan spesifikasi hardware yang mumpuni pula untuk melihat performa effect-effect dari Cairo Dock.

Tampilan dan effect-effect Cairo Dock bisa diatur sesukanya lewat menu settings. Selain itu, tema-tema yang disediakan juga beragam dan gak bikin bosan pastinya.

2. Avant Window Manager (AWN)
Avant Window Manager (AWN)  berada di tingkatan medium untuk spesfikasi hardware yang diperlukan untuk menjalankan dock menu ini. Tampilan dan effect-nya lumayan bagus dan ringan. Tampilan dapat diatur dengan mode 3D, mode panel, dan normal. Tema-tema yang disediakan juga beragam dan kita juga diberikan kemudahan untuk mengganti icon dari masing-masing applet.

3. Docky
Ini lagi, salah satu dock menu yang menurut saya patut untuk dicoba. Tampilannya simpel, ringan , dan elegan. Dulunya, aplikasi Docky ini menjadi satu dengan aplikasi Gnome-Do, namun sekarang aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang berdiri sendiri. Konfigurasi yang mudah, dan tema yang beragam membuat Docky cepat diterima di kalangan pengguna Linux (termasuk saya :D).

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan mampir kesini.

4. DockBar X
Dock menu yang satu ini simpel banget, dan kayaknya mirip dengan menu list di Windows 7 (saya gak tau, siapa yang meniru dan siapa yang ditiru mengingat DockBar X sudah lebih dulu muncul daripada Windows 7 :D). Dock menu yang satu ini, agak berbeda dengan dock menu yang diatas. Dock menu ini “nangkring” di panel menu. Alhasil, ketika pertama kali menginstallnya di laptop atau PC, kita harus menambahkannya terlebih dahulu ke panel menu.

5. Sim Dock
Dock menu yang terakhir inilah yang menurut saya paling ringan dan tampilannya paling simpel sehingga terkesan seadanya. Dock menu ini tidak memerlukan effect 3D, jadi sangat meringankan kerja CPU dan menghemat banyak daya. Sangat cocok untuk netbook, yang memerlukan navigasi menu yang handal tapi tetap powerfull.

Semoga ulasan diatas bisa membantu teman-teman untuk memilih dock menu terbaik untuk laptop dan OS kesayangan kalian. Keep coding and Go Open Source.

11 comments

  1. febriy Reply

    mantep gan… tapi kyknya ntar dlu dh saya coba, kyknya malah bkin kompi tambah lemot.. 😀
    =================================
    Gede Lumbung : Pakai DockBar X aja…
    Ringan banget….

  2. iskandaria Reply

    Wah, kebetulan banget nih. Saya pake Ubuntu. Belum lama sih pakainya. Tampilan menu juga masih standar bawaan Ubuntu 10.04. Tapi saya masih belum berhasil waktu mau install Docky :nangis:
    .-= iskandaria´s last blog ..Alasan Saya Tidak Berkomentar pada Sebuah Posting Blog =-.
    =================================
    Gede Lumbung : Silahkan dicoba lagi mas…
    Mudah-mudahan berhasil…. 😀

  3. Tamba Budiarsana Reply

    Bli, maaf nih nanya diluar topik.
    di CD Live Linux ada pilihan instal Linux di windows maksudnya gmn ya? Bisa diinstal dua OS dalam satu komputer? Trus cara memakai salah satunya gmn?
    Saya belum ngerti. hehehe..
    .-= Tamba Budiarsana´s last blog ..Ganti Password =-.
    =================================
    Gede Lumbung : Mungkin maksudnya dual boot….
    2 OS dalam satu komputer memang bisa, partisi untuk Linux dan Windows tentunya berbeda pula…
    Untuk menggunakan salah satunya, bisa dipilih saat booting di awal….

  4. Yohan Wibisono Reply

    Salam Kenal dariku, artikel menarik 😀 Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin 😀

  5. Pingback: Ng`Blog Biar Gak GobloG | BlogNya Gede Lumbung » Sulap Tampilan Gnome Panel Dengan AWN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *