Apa Yang Baru di Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat?

Udah lama nie saya gak update blog, lantaran banyak kerjaan di kampus dan kebetulan di desa saya ada upacara besar yang mengharuskan saya untuk ikut ngayah. Dan untuk menghidupkan kembali blog ini :D, saya mau nulis sedikit review Ubuntu 10.10 Beta Released dengan code name Maverick Meerkat. Walaupun masih berstatus Beta Released, tapi Ubuntu 10.10 ini patut dicoba karena lumayan banyak terdapat penyempurnaan dari Ubuntu 10.04 Lucid Lynk yang diluncurkan Cannonical bulan April yang lalu. Cekidot guys!!!

Tampilan

1. Tema
Tema Ambiance sebagai tema default sejak di Ubuntu 10.04 kini telah disempurnakan di Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat. Dengan warna gradien yang lebih menawan, animasi yang lebih halus, tombol-tombol yang cantik dan masih banyak lagi. Ini membuat mata kita serasa dimanjakan dengan tampilan yang membuat Ubuntu tampil lebih menarik :D.

2. Icons
Icon Humanity menjadi icon default di Maverick, dengan icon-icon yang baru untuk tombol toolbar pada Nautilus dan icon untuk berbagai perangkat seperti harddisk, hanphone, iPod dan berbagai perangkat sederhana yang lainnya.

3. Wallpaper
Maverick Meerkat hadir dengan 17 wallpaper yang baru (dijamin gak bakal bikin bosen lihat wallpaper default Ubuntu yang dulu-dulu :D). Dengan berbagai wallpapaer yang bernuansakan arsitektur, alam, dan abstrak yang gak bakal bikin bosen liatnnya. Kalau ingin mencoba wallpaper untuk Maverick. bisa di download disini.

Sound Menu

Sound menu di Maverik tampil lebih ciamik, dengan dukungan playlist seperti menu play, rewind, pause dan stop dikala kita memainkan musik dengan menggunakan Rhytmbox sebagai default musik player di Ubuntu. Dengan begitu, kontrol musik menjadi lebih mudah.

Ubuntu Software Centre

Sama seperti versi yang terdahulu, terdapat menu untuk melihat aplikasi yang telah diinstal sebelumnya dan ada satu lagi menu tambahan yaitu menu untuk melihat History (kegiatan instalasi yang dilakukan sebelumnya). Dengan background awan, yang menandakan Ubuntu siap untuk menghadapi era Cloud Computing.

Proses Instalasi

Ubuntu memang dikenal ramah dalam proses instalasinya, user seakan-akan dimanja dengan kemudahannya itu :D. Dan di Maverick, user kembali dimanja dimana saat proses instalasi user dapat langsung mendownload beberapa update penting asalkan komputer terkoneksikan dengan internet dan menginstalnya setelah proses download selesai. Suatu kemajuan yang sangat pesat untuk Ubuntu.

Oke deh, segitu dulu review dari saya. Mungkin ada tambahan, kalau ada teman-teman yang sudah mencoba dan menemukan hal yang baru di Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat Beta Released ini. Go Open Source….!!!!

Kalau ingin mencicipi juga, ini saya kasi link downloadnya :

8 comments

  1. TuSuda Reply

    Tampilannya tampak lebih keren dan lebih komplit ya Bli.
    Selamat berkreasi dalam dunia blogging.
    MAAF, baru sempat berkunjung lagi.
    SALAM dari Kendari.
    .-= TuSuda´s last blog ..AKSI PEDULI KMHDI =-.

  2. Denuzz BURUNG HANTU Reply

    Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
    Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

    Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

    Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

    Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di
    http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/
    Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

    Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

    Be a happy blogger! …
    Salam BURUNG HANTU …
    .-= Denuzz BURUNG HANTU´s last blog ..Beswan Djarum dan Belantara Fana ! … =-.

  3. febriy Reply

    Mantap gan, tp kyknya saya harus upgrade pc, pake yg 9.10 aj udh lemot2 gmana gt… 😐
    dtgu fullnya saja.. 😀

  4. iskandaria Reply

    Gimana dengan dukungan untuk VGA SIS? Soalnya pada ubuntu versi 10.04 masih nggak bisa mengenal VGA SIS. Efeknya resolusi monitor jadi kecil (cuma 800X600). Saya udah nyoba install drivernya, tapi selalu gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *