Android Tutorial : Aplikasi Katalog Data Sederhana Dengan SQLite Android

android osSelamat malam rekan-rekan, sudah sebulan saya vakum dari dunia blogging. Masalahnya masih sama dengan kasus-kasus yang kemarin, yaitu terkendala pekerjaan (haalaahh). Dan malam ini saya benar-benar galau, bagaimana bisa usaha saya di ranah percintaan selama 44 hari (niat banget ngitungnya :p), bisa kalah dengan usaha yang hanya dilakukan selama 14 hari. Kecewa sih iya, tapi mau gimana lagi. Mungkin memang belum rejeki saya untuk kembali menikmati manisnya asa percintaan yang tak ada duanya itu, haha. Yaw walau sedang galau kayak gini, saya masih tetap semangat untuk terus melibas pekerjaan dan belajar berbagi hal yang baru. Salah satunya, saya lagi getol-getolnya belajar Rails dan NodeJS. Yaw masih di seputaran aplikasi web dan kawan-kawannya gitu lah :D. Sekali-kali selingkuh sama postgree, database engine yang benar-benar ketat (se-ketat celana legging) dalam berbagi hal dibandingkan mysql. Mungkin udah saatnya disiplin untuk masalah yang satu ini :).

Nah, di postingan malam minggu yang kelabu dan benar-benar membuat galau ini, saya akan berbagi sedikit aplikasi katalog data sederhana berbasis android dengan menggunakan database SQLite yang iseng-iseng saya buat beberapa waktu yang lalu. Kebetulan adik sepupu saya yang duduk di bangku SMP sedang ada tugas untuk mengumpulkan data-data penemu dan sejarahwan. Kasian juga liat si doi, sedikit-sedikit harus mencatat datanya di buku catatan. Mumpung dia bawa hape android, jadi saya buat aja aplikasi sederhana untuk menyimpan data-datanya. Kan jadi gampang juga kalau dipelajari pas ada dimanapun dan kapanpun :D.

Aplikasinya sederhana banget, cuma model CRUD data gitu. Terus saya tambahkan sedikit fitur untuk mengambil gambar alias image picker dari file manager atau kamera hape. Monggo diliat aja aplikasinya :

Kalau ada dosen saya yang gayanya sok top dan sok paling keren se-kampus, paling bilang aplikasi ecek-ecek ini gak keren. Yaw iyalah, kemarin aja judul skripsi pas angkatan saya dibilang gak ada yang keren katanya -_-. Saya gak tau juga skripsi yang keren di mata pak dosen yang satu ini kayak gimana. Mungkin skripsi yang keren itu, skripsi yang gak selesai-selesai kayak thesis S2’nya pak dosen, *upssss…. jebreeettt* :p .

OK deh, sekian dulu postingan saya malam ini. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang masih semangat belajar pemrograman android 😀

“Stay Foolish, Stay Hungry”

Happy Blogging and Keep Coding

Cheerrrss….!!!!

14 comments

  1. Andi Firmansyah Reply

    Thanks gan.., 🙂 Jangan Berhenti Berbagi. 😀

    ====== Edited by admin ======

  2. Kim Ghan Tenk Reply

    itu cara makenya gimana? trus untuk masuk ke dasboard admin gimana???? trims….

  3. Sariyani Reply

    Mau Tanya Gan Saya Mau Buat Aplikasi Tapi sekalian mau nambah vidieo di dalamnya ukuranya berapa ya Gan???

  4. yani Reply

    Mas…
    Masuk ke dasboard admin gimana ??
    username dan passwordnya apa yaa….

    trimakasih sebelumnya

  5. wildansyah saputra Reply

    wah gokill bermanfaat banget gan
    😀
    membantu banget buat saya yang lagi scripsi

    makasih banget bang mimin

  6. wildan alfarobi Reply

    mantap gan tutorialnya. btw kalo cara bikin ebook di android gmn ya? punya tutorialnya ga gan? thanx

  7. jun Reply

    salam kenal mas, saya sudah coba download aplikasi katalognya tapi kenapa tidak ada tombol tambah kategori..bagaimana cara menampilkannya?

  8. wildan Reply

    bang cara masukin aplikasi ke dalam smartphonenya share dund yang lebih mudah
    thank`s

  9. lukman reza Reply

    Bli, di HH saya kok gambarnya tidak muncul yah?padahal semua sudah running well. tolongdiblas bli

  10. ubay stenlly Reply

    dear mas gede,

    kalo mau mulai belajar android

    di mulai dari mana dulu , untuk sourcenya (perlengkapannya )

    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *