Android, Sistem Operasi Mobile Besutan Google

Walaupun artikel ini udah agak basi, karena seperti kita ketahui OS Android sudah mulai muncul sejak awal tahun 2009 lalu. Tapi masih banyak yang belum begitu mengenal OS buatan si raksasa internet, Google. Well, sekarang gue mau ngasik sedikit review nie tentang Android. Bahasa umumnya Android tuh ya sebuah sistem operasi layaknya sistem operasi pada komputer, tapi hanya memerlukan sedikit resource memori sehingga sangat cocok dipasangkan pada perangkat smartphone, gadget, netbook dan perangkat lainnya. Android bersifat open source, karena OS ini menggunakan kernelnya Linux. So, gampang banget untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Selain itu, kita juga dapat membuat aplikasi yang kita inginkan dengan bahasa pemrograman Java tentunya. Sangat menyenangkan bukan???

Untuk bahasa ilmiahnya, Android adalah sebuah perangkat lunak untuk ponsel/gadget yang terdiri dari sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di besut oleh Google. Sampai saat ini, Google telah menyediakan Android SDK (Software Development kit) sebagai API (Application Programming Interface) yang diperlukan untuk  mengembangkan aplikasi pada platform OS Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Nah, Android SDK ini punya beberapa feature. Nie dia beberapa feature nya :

1. Framework Aplikasi
Ini berfungsi untuk modifikasi pada aplikasi dan penggunaan kembali. Para Developer memiliki akses penuh framework API yang sama yang digunakan oleh aplikasi inti. Arsitektur aplikasi dirancang agar komponen dapat digunakan kembali (reuseable) dengan mudah dan hemat(waktu dan biaya). Setiap aplikasi dapat memanfaatkan kemampuan ini dan aplikasi yang lain mungkin akan memanfaatkan kemampuan ini juga (sesuai dengan batasan keamanan yang didefinisikan oleh framework). Mekanisme yang sama memungkinkan komponen untuk diganti oleh pengguna. Ini mengingatkan kita dengan fleksibelitas dari Linux. Yupz, Andorid memang dibangun dengan berbasiskan Linux.

2.Android Runtime
Android terdiri dari satu set core libraries yang menyediakan sebagian besar fungsi yang tersedia dalam core libraries dari bahasa pemrograman Java. Setiap menjalankan aplikasi Android sendiri dalam proses, dengan masing-masing instance dari mesin virtual Dalvik (Dalvik VM). Dalvik dirancang agar perangkat dapat menjalankan multiple VMs secara efisien. Mesin Virtual Dalvik dieksekusi dalam Dalvik executable (.dex), sebuah format yang dioptimalkan untuk memori yang kecil. Dalvik VM berbasis, berjalan dan dikompilasi oleh compiler bahasa Java yang telah ditransformasikan ke dalam .dex format yang disertakan oleh tool “dx”.
Dalvik VM bergantung pada kernel Linux untuk berfungsi , seperti threading dan manajemen memori tingkat rendahnya . Dengan menggunakan sedikit resource memori itulah Android sangat pantas untuk diaplikasikan pada perangkat mobile seperti smartphone.

3.Kernel Linux
Android bergantung pada Linux Versi 2.6 untuk inti sistem pelayanan seperti keamanan, manajemen memori, proses manajemen, susunan jaringan, dan driver model. Kernel juga bertindak sebagai lapisan yang abstak antara hardware dan software stacknya. Karena dari itulah, Android sangat tangguh dalam hal manajemen data dan keamanan dari ancaman virus. Walaupun kita ketahui, tidak semua sistem operasi aman dari serangan virus, malware dan sejenisnya.

Nie beberapa contoh smartphone yang udah pake Android…

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *