Acer Aspire 5942G, Grafis Mantap Kinerja Melesat

Acer memang tidak pernah henti-hentinya melakukan berbagai terobosan dan inovasi. Kini perusahaan laptop asal Taiwan itu kembali mengeluarkan laptop multimedia terbarunya. Selain untuk urusan multimedia, laptop ini juga sangat pas untuk urusan game dan grafis. Karena selain dibekali dengan processor Core i-7 yang tangguh, laptop ini juga dipersenjatai dengan ATI Mobility Radeon 5650 untuk urusan grafisnya. Gimana, udah mulai ngiler kan liat spesifikasinya yang begitu “Wah”??? Oke deh, langsung aja kita review laptop multimedia ini.

Kesan pertama ketika melihat laptop ini adalah berat. Yupz, laptop ini memepunyai bobot 3 kg. Dari segi desain, laptop ini dilengkapi dengan lampu LED berwarna biru dan warna hitam yang membaluti body plastiknya. Sehingga memberikan kesan bahwa laptop ini memeang merupakan laptop high class. Di dekat touchpad terpajang logo ATI Mobility Radeon 5650 sebagai kartu grafisnya dengan memori 1 GB, kartu grafis ini memang merupakan kartu grafis kelas atas yang lagi ngtrend saat ini. Dan sebagai otaknya, Acer menjatuhkan pilihan pada processor Intel yang terbaru, Core-i7. Tampaknya Acer memang tidak main-main dalam mengeluarkan laptop multimedianya kali ini.

Desain Tampilan Keren Dengan Lampu LED Biru

Dalam hal desain, kali ini Acer kembali melakukan terobosan. Menambahkan lampu LED berwarna biru di bawah keyboard, senantiasa menyala didukung dengan balutan body yang berwarna hitam membuat laptop ini tampil elegan dan kokoh.

Pada bagian LCD, Acer telah memberikan pelapis untuk melindungi LCD dari goresan. Alhasil LCD terlihat lebih sejuk, dan enak untuk dipandang berlama-lama. Di bagain atas, terpampang sebuah webcam dengan resolusi HD (720p), guna mendukung aktivitas chatting.
Dan yang paling membuat saya kagum adalah panel yang terdapat di bagian kanan dan kiri keyboard. Pada bagian kanan Acer memasang media control pada panel volume yang dapat diputar. Denga sedikit sentuhan, laptop ini akan menampilkan Acer Arcade Deluxe. Layaknya Windows Media Center, portal ini menjadi media untuk mendengarkan musik, browsing, membuka album foto, ataupun menonton DVD. Sangat praktis.Sedangkan pada bagian kiri, terdapat 3 buah shortcut yaitu : Wi-Fi, Bluetooth, dan Acer Backup Manager. Seolah-olah ingin menegaskan bahwa Acer Aspire 5942G memang laptop multimedia.

Performa : Grafis, Multimedia, dan Game Berjalan Mantap


Dalam menjalani testing, Acer Aspire 5942G ini dapat menjalankan film Transformer II full HD dengan lancar dan mulus. Tapi untuk urusan suara, memang agak sedikit terkesan ‘cempereng’. Untuk urusan layar, cukup disayangkan karena laptop ini memiliki resolusi maksimal 1366 x 768 alias belum full HD. Sayang seribu sayang memang, karena laptop ini sudah dipersenajtai dengan hardware yang mumpuni.

Walaupun secara fisik laptop ini tidak mencirikan laptop game, namun Aspire 5942G terbukti dapat menjalankan game standar PC saat ini. Dari uji yang dilakukan, laptop ini sanggup menjalankan game Mass Effect 2 dengan settingan maksimal plus semua efek menyala. Saat dilakukan testing dengan berbagai macam game, tidak terasa adanya overheat pada laptop asal Taiwan ini. Hanya terasa hangat pada bagian kiri, sedangkan pada bagian kanan tetap terasa dingin. Secara umum Aspire 5942G memiliki sirkulasi udara yang cukup baik. Untuk masalah ketahanan baterai, laptop ini sanggup bertahan hampir 2 jam, saat digunakan untuk menonton film full HD. Standar untuk ukuran laptop multimedia dengan spek tinggi.

Akhir kata, kesimpulannya :
Secara umum walaupun tidak berdesainkan laptop gaming, Acer Aspire 5942G cukup lancar menjalankan berbagai game PC masa kini. Dengan berbekalkan otak Core i-7 dan grafis ATI Mobility Radeon 5650 bermemori 1 GB, laptop ini pantas untuk dilirik sebagai laptop multimedia entah itu untuk desain grafis, animasi, maupun video editor.

Spesifikasi Umum:
– CPU: Intel Core i7 (1,60 Ghz)
– OS: Windows 7 Home Premium (64-bit)
– GPU: ATI Mobility Radeon HD 5650 (1GB)
– Display: 15,6 inchi (1366×768)
– Memori RAM: 4GB
– Baterai: 6-cell
– Berat: 3 kg
– I/O: 3 USB, 5-in-1 card reader, VGA, HDMI, e-SATA, jack audio, LAN
– Storage: 640GB
– Harga: Rp 14 juta`an

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *